Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Tol Bengkulu
beritapapua.id - Proses pembangunan jalan Tol Bengkulu. (Dok. Kementerian PUPR)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pembangunan Tol Bengkulu guna meningkatkan perekonomian di daerah tersebut dan konektivitas wisatawan.

Mengutip dari bisnis.tempo.co, menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, “kehadiran jalan tol ini akan menurunkan biaya logistik serta memangkas waktu tempuh distribusi barang dan jasa antar wilayah. Di samping itu mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru khususnya kawasan yang berada di sekitar on/off ramp jalan tol”.

Kementerian PUPR tengah mempercepat pembangunan jalan tol Bengkulu yang menghubungkan sentra-sentra produksi dengan daerah-daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Menteri PUPR berharapa dengan pembangunan jalan tol tersebut dapat membuka peluang usaha baru bagi masyarakat, membuka lapangan pekerjaan, serta mengakselarasi nilai tambah bagi perekonomian rakyat. Kehadiran jalan tol ini juga akan membuka potensi perekonomian di wilayah Lubuk Linggau yang berada di antara Palembang dan Bengkulu.

Pembangunan yang Tengah Berlangsung

Salah satu jalan ruas jalan tol yang tengah berjalan yaitu ruas Jalan Tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu sepanjang 95,8 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. Ruas yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) ini terbagi menjadi 3 Seksi yaitu Seksi 1 Lubuk Linggau – Kepahiang (54,5 Km), Seksi 2 Kepahiang – Taba Penanjung (23,7 Km), dan Seksi 3 Taba Penanjung – Bengkulu (17,6 Km).

Baca Juga: Pasca Bentrok Demo DOB, Situasi Kabupaten Yahukimo Sudah Kondusif

Sedangkan ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang dalam tahap konstruksi sepanjang 486 km antara lain Jalan Tol Kisaran-Indrapura (48 km), Jalan Tol Binjai-Langsa segmen Binjai-Pangkalan Brandan (58 km), dan Jalan Tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu sepanjang 95,8 km.

Menteri Basuki menargetkan pembangunan jalan tol tersebut akan selesai dalam waktu dekat di kuartal 1 tahun 2022 ini dan kemudian akan segera dapat beroperasi. Hingga saat ini pembangunan sedang dalam tahap persiapan.

Menteri PUPR juga menambahkan bahwa harapannya adalah pemerintah daerah, para pengusaha serta masyarakat mampu memanfaatkan infrastruktur berupa jalan tol tersebut secara optimal.

Pembangunan jalan tol Bengkulu tersebut mampu mengurangi durasi perjalanan pengendara. Nantinya waktu tempuh dari Lubuk Linggau ke kota Bengkulu hanya memakan waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam melalui jalan tol tersebut.