Kementerian PUPR Target Flyover Kopo Rampung Sebelum Lebaran
beritapapua.id - Pembangunan Fly Over Kopo yang sedang berlangsung. (Dok. Kementerian PUPR)

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan flyover (FO) Kopo yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat bisa selesai lebih cepat agar dapat beroperasi pada saat mudik Lebaran tahun 2022 ini.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat, Wilan Oktavian mengatakan bahwa progres konstruksi FO Kopo tersebut telah mencapai 84 persen dan target akan rampung lebih cepat dari yang sudah dalam rencana.

Wilan Oktavian juga mengatakan bahwa ia berharap keberadaan FO sepanjang 1.3 km tersebut dapat mengurangi kemacetan yang kerap kali terjadi di persimpangan Kopo dan persimpangan Cibaduyut.

Bahan Konstruksi Flyover

Pengangkatan balok beton (erection girder) FO Kopo telah terlaksana pada pekan lalu dan proses pengaspalan kini sedang berlangsung. FO Kopo ini mempunyai target akan selesai pada pertengahan April.

Konstruksi FO Kopo menggunakan dua jenis balok beton pracetak, yaitu balok jenis PCI girder dan PCU girder. Dalam pembangunan FO ini menggunakan 183 grider, terdiri atas 171 unit PCI dan 12 unit PCU. Konstruksi FO Kopo mulai pada November 2020 dengan nilai kontrak Rp288,76 miliar yang dananya berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Bukan Syarat Pembelajaran Tatap Muka

Jika berdasarkan kontrak, menyebutkan project hand over selesai pada bulan September 2022, namun ternyata project ini [diperkirakan] dapat selesai lebih cepat dari yang sudah ditargetkan.

FO yang sedang dalam pembangunan ini memiliki panjang 1.3 km dengan lebar 18 m. Dengan ukuran tersebut, FO ini terdiri dari 4 jalur dan 2 jalur.

Mengutip dari ekonomi.bisnis.com, Menteri PUPR Basuki Hadi Muldjono mengatakan Kementerian PUPR terus mempercepat penyelesaian pembangunan FO Kopo guna mengurai kepadatan lalu lintas di ruas yang menjadi penghubung Kota Bandung dan [Kabupaten Bandung]. Jalan Soekarno-Hatta, Kopo, merupakan jalur utama komuter untuk wilayah Cimahi-Bandung.

Selain terdapat dua persimpangan, pada area tersebut terdapat dua [akses tol] yaitu Tol Kopo dan Tol Pasir Koja sehingga jalan tersebut kerap mengalami kemacetan.

“Kami akan membangun flyover dan underpass hingga jembatan penyeberangan orang (JPO) termasuk perbaikan jalan lingkungan di sekitarnya,” jelasnya.