Kementerian PUPR ungkapkan Solusi Hunian di Perkotaan
beritapapua.id - Ilustrasi rumah maisonet. (Foto: Citraraya)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Direktorat Jenderal Cipta Karya mengungkapkan bahwa desain rumah yang inovatif seperti rumah maisonet dapat menjadi sebuah solusi bagi kebutuhan hunian di kawasan perkotaan.

Direktur Jenderal Cipta Karya [Diana Kusumastuti] mengatakan bahwa model tipologi hunian maisonet muncul sebagai salah satu solusi untuk pemenuhan kebutuhan hunian di kawasan perkotaan yang saat ini terhambat keterbatasan lahan sehingga berakibat pada ketersediaan dan harga hunian yang relatif tinggi.

Rumah maisonet sendiri merupakan hunian yang tergolong punya daya tampung banyak, namun dengan ketinggian bangunan yang cukup rendah. Pembangunannya kini mulai masif di cluster-cluster perumahan baru, dan telah menjadi standar bagi rumah ramah lingkungan. Karena rumah jenis ini desainnya bertingkat, maka perlunya peningkatan kapasitas tipologi rumah tapak yang dapat memenuhi kepadatan lebih tinggi seperti rumah susun.

ilustrasi rumah maisonet
ilustrasi rumah maisonet

Ia juga menambahkan, model tipologi ini dapat meningkatkan kepadatan bangunan dan penghuni sehingga pemanfaatan lahan menjadi lebih efisien. Dengan teknologi tersebut diharapkan dapat secara masif disosialisasikan kepada semua pihak yang terkait.

Ketersediaan Lahan Hunian Semakin Sedikit

Berdasarkan data backlog atau data permintaan yang [diambil] dari BPS Tahun 2016, sebanyak 11.459.875 dan terus meningkat dari tahun ke tahun sementara ketersediaan lahan untuk hunian semakin sedikit.

Baca Juga: Nadiem-Yaqut Buka Suara Soal Madrasah-SMA yang Hilang di RUU Sisdiknas

Rumah Maisonet sebagai Upaya Pemerintah dalam Memenuhi Permintaan Hunian Masyarakat

Pemerintah pun kemudian berupaya untuk mendukung penyediaan perumahan yaitu melalui program subsidi pengelolaan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Hingga saat ini sudah banyak hunian vertikal berbentuk rumah susun (flat) [dibangun] dengan dukungan program ini, dan penyediaan dengan bentuk rumah maisonet akan menjadi alternatif yang menarik bagi masyarakat.

Saat ini, Kementerian PUPR sudah memiliki regulasi yang mengatur tentang tipologi rumah maisonette, yaitu antara lain [SNI 03-6981-2004 mengenai Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan Sederhana Tidak Bersusun di Daerah Perkotaan dan Pedoman Teknis Nomor PD T-01-2005-C terkait Perencanaan Rumah Maisonet.