Kenaikan Harga Minyak Dunia Berikan Efek Domino
beritapapua.id - Ilustrasi dampak dari kenaikan harga minyak. (Foto: Koransindo)

Kenaikan harga minyak dunia memberikan dampak signifikan bagi perekonomian dunia dan tidak terkecuali Indonesia. Pemerintah Indonesia pun diminta untuk mewaspadai efek negatif kenaikan harga minyak dunia termasuk kemungkinan naiknya harga BBM dalam negeri.

Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal saat membuka Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Dampak Kenaikan Harga Minyak Dunia terhadap Ketahanan Energi dan Stabilitas Nasional, Selasa, 29 Maret 2022 mengatakan bahwa, “Cepat atau lambat kenaikan harga minyak dunia akan berimbas pada harga BBM dalam negeri. Situasi ini harus segera diantisipasi agar tidak memicu gejolak jika sewaktu-waktu pemerintah terpaksa harus menaikkan harga BBM”.

Anggota Komisi VI DPR RI Rita Juwita Sari juga hadir dalam FGD tersebut sebagai narasumber, selain itu ada juga Chairperson Indonesian Petroleum Association Ali Nasir, Chairman Komunitas Migas Indonesia S. Herry Putranto, serta Center for Energy Policy M Kholid Syeirazi.

Disampaikan oleh Cucun bahwa Indonesia merupakan negara net-importir komoditas minyak dan gas.

Baca Juga: Polisi Bantah Kabar Penembakan Pesawat Oleh KKB di Papua

Meskipun Indonesia memproduksi minyak mentah beserta turunannya, namun hal itu belum dapat memenuhi kebutuhan pemakaian dalam negeri. Impor minyak dan gas yang tercatat selama tahun 2021 mencapai USD196,2 miliar atau setara dengan Rp2,024 triliun. Mengingat hal tersebut, tentunya situasi geopolitik saat ini cenderung tidak menguntungkan Indonesia sebagai negara net-importir komoditas minyak dan gas. Konflik Rusia dan Ukraina turut mengerek harga minyak dunia.

Tidak sampai disitu saja. Cucun juga mengatakan bahwa situasi yang tak dapat terhindarkan selain bertambahnya beban APBN adalah kenaikan harga minyak dunia. Karena kenaikan tersebut dipastikan akan mengerek harga berbagai kebutuhan pokok, baik karena meningkatnya ongkos produksi maupun tingginya biaya distribusi

Harga Minyak Terbaru

Jika dibandingkan dengan hari Rabu, tanggal (30/Maret/2022), harga minyak mentah jenis Brent ataupun jenis WTI mengalami penurunan harga. Pada hari Kamis, 31 Maret 2022, pukul 12.28 WIB, untuk minyak mentah jenis Brent mengalami penurunan 4.90 persen, menjadi US$107.9 per barel.

Di waktu yang sama, harga minyak mentah jenis WTI mengalami penurunan yang lebih tinggi lagi, yaitu 6.56 persen, menjadi US$100.8 per barel. Namun harga tersebut diperkirakan masih akan mengalami kenaikan, mengingat harga minyak mentah dunia masih belum stabil.