Kepala KSP: Pembayaran Klaim RS Covid-19 Rp25T Segera Tuntas
beritapapua.id - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. (Foto: Liputan6)

Pemerintah memastikan pembayaran klaim Rumah Sakit (RS) untuk pelayanan Covid-19 segera tuntas. Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyebutkan, tahun ini target pembayaran klaim RS sebesar Rp 25 triliun.

Dari jumlah tersebut, baru Rp 3,64 triliun yang sudah selesai direview oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan siap untuk dibayarkan.

“Masih luas gap yang perlu kita kejar, yakni Rp 21,36 triliun. Ini harus segera diselesaikan pembayarannya agar rumah sakit bisa lebih optimal menangani kasus COVID19. Bapak Presiden sangat concern terkait ini (pembayaran klaim COVID19),” kata Moeldoko usai rapat koordinasi antara Kantor Staf Presiden bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Keuangan (Kemenku) BPJS, dan sejumlah kementerian/lembaga terkait di gedung Bina Graha Jakarta, Jum’at (25/3/2022).

Dalam rapat koordinasi tersebut, Moeldoko menegaskan, untuk mempercepat pembayaran klaim Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memangkas bisnis proses klaim, melalui pembaharuan kebijakan.

Baca Juga: Sukseskan Bangga Buatan Indonesia, Jokowi Alokasikan Anggaran Rp400T

“Supaya ada kepastian bahwa klaim saya sekian, akan dibayar sekian,” bebernya.

Selain itu, terang dia, secara teknis pemerintah juga akan mengintegrasikan e-klaim di Kemenkes dengan v-klaim di BPJS. Hal itu untuk meminimalisr terjadinya klaim kadaluwarsa dan klaim dispute (ketidaksepakatan antara BPJS dengan rumah sakit atau faskes atas klaim pelayanan).

“Ini untuk memastikan apakah klaim itu benar-benar menjadi tidak sesuai atau kadaluwarsa karena keterlambatan dari rumah sakit atau adanya faktor lain,” jelasnya.