Kesenian Papua dalam Selembar Batik
Kesenian Papua dalam Selembar Batik

Kesenian Papua dalam Selembar Batik – Warisan budaya bangsa Indonesia menjadi salah satu yang terkaya di dunia. Di antaranya adalah batik. Jenis batik, corak dan motifnya yang beragam bisa dijumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan masing-masing ciri khasnya. Mulai dari warna, pola, cara pembuatan, dan fungsi yang juga berbeda. Batik merupakan salah satu identitas Indonesia yang sering digunakan pada acara budaya, resmi maupun kelas dunia. Hal itu guna memperkenalkan salah satu kekayaan bangsa dan juga sebagai salah satu simbol nasionalisme.

Banyak daerah yang mempunyai potensi seni budaya dan pariwisata. daerah tersebut mencoba membangun industri batik sebagai penyedia bahan sandang, interior, sekaligus produk suvenir wisata. Kain batik dapat menjadi alternatif suvenir daerah yang khas, unik, mudah dikemas, mudah dibawa, ringan, dan memiliki nilai kenangan atau cenderamata, serta harganya relatif terjangkau.

Batik dan kesenian menjadi dua hal yang tidak mungkin dipisahkan. Cerita, ide, dan sejarah seringkali mampu diilustrasikan atau diceritakan dalam selembar kain batik. Ilustrasi uang dituangkan tersebut kemudian menjadikan batik sebagai sebuah harta berharga. Kesenian menjadi ritus yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Tidak terkecuali dengan kesenian Papua yang juga tidak kalah menariknya.

Baca Juga: Daulat Pangan Indonesia yang Belum Tercapai

Sumber Inspirasi Kesenian Papua

Kesenian Papua tidak terlepas dari unsur lain dalam hidup mereka. Misalnya setiap kegiatan adat yang diselenggarakan dalam upacara lingkaran hidup, upacara pembukaan lahan baru, bepergian dan lain-lainnya selalu disertai dengan kegiatan seni. Dalam upacara adat seringkali disertai dengan tarian dan nyanyian-nyanyian serta diiringi instrumen tradisional. Kegiatan tersebut tentunya memerlukan piranti atau alat-alat perlengkapan khusus agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik. Perlengkapannya seperti: tifa, tombak, panah, parang, dan lain-lain yang merupakan piranti tradisi khas Papua.

Keunikan piranti tradisi masyarakat Papua menarik untuk diangkat menjadi sumber inspirasi penciptaan motif baru batik khas Papua. Pada umumnya sesuatu yang sudah biasa seperti piranti tradisi ini akan dilewatkan orang sebagai ide, namun dengan kebaruan cara pandang dan kemampuan kreatif maka sesuatu yang dianggap tidak berarti akan menjadi sangat berharga. Tindakan kreatif acap bermula dari melihat hal-hal yang biasa, lumrah, atau sesuatu yang begitu familiar, namun dilihat dengan cara lain sehingga menjadi sesuatu yang baru, atau asing sehingga merangsang keingintahuan kita.