Kesiapan Taekwondo Papua Jelang PON XX 2021 Kian Sempurna
Atlet Taekwondo Papua saat berlatih di Stadion Mandala (foto : jubi)

Taekwondo Papua terus memantapkan persiapan mereka jelang keikutsertaan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Oktober mendatang. Muhammad Musa’ad selaku Ketua Umum Pengprov Taekwondo Papua mengatakan, persiapan para atletnya sejauh ini terus berjalan signifikan. Namun ada beberapa atletnya masih memfokuskan pemusatan latihan (TC) di Kota Jayapura.

Musa’ad sendiri menginginkan timnya menjalani try out ke luar daerah agar mendapatkan lawan tanding yang sepadan. Hal ini adalah salah satu kesiapan agar optimal dalam gelaran PON XX.

Karena menurutnya cabang olahraga pertarungan, memang membutuhkan lawan tandi atau sparring partner yang sepada untuk hasil yang optimal. Dan ia berharap dari sisa waktu yang ada, KONI Papua mengizinkan melakukan TC ke luar Papua.

Taekowondo Papua juga sudah menyiapkan 22 atlet saat masa TC seperti ini, dan selain itu taekowondo Papua masih terus melakukan evaluasi dan pemantaun kepada para atlet tersebut secara berkala.

Taekwondo Papua Targetkan 3 Mendali Emas Pada PON XX

Musa’ad menegaskan, timnya mematok target 3 medali emas pada PON XX. Target tersebut menurutnya masih realistis jika mengacu pada hasil yang timnya dapatkan selama mengikuti kejuaraan.

“Jadi mereka (KONI Papua) punya indikator-indikator yang akan menjadi acuan. Kalau dilihat dari beberapa kejuaraan – kejuaraan yang telah diikuti, kita berharap bisa meraih 3 atau 4 medali emas. Jadi harapan medali itu bisa didapat dari atlet-atlet yang kita unggulkan itu,” tekannya.

Baca Juga : Jendral Gatot Usul Operasi Teritorial Untuk Selesai Permasalahan KKB

Asisten pelatih tim Taekwondo Papua, Dody Iskandar juga mengatakan, timnya akan menargetkan meraih 3 medali emas pada perhelatan PON XX. Namun ia berharap bisa melebihi target.

Berkaca pada hasil Pra PON di Banten, tahun 2019 lalu, timnya berhasil meraih 1 medali emas dan 7 medali perunggu dari total 10 atlet yang dikirimkan.

Oleh karena itu ia sangat berharap timnya bisa segera mendapatkan izin dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua untuk menjalani try out ke luar daerah agar bisa mendapatkan lawan tanding guna mengukur kesiapan mereka di PON XX mendatang.

“Kalau kita kemarin ditargetkan tiga medali emas, tapi cara untuk mengukur target kita ini yaitu dengan try out dan dari KONI sendiri seperti apa. Kalau kita bisa akumulasikan tujuh medali perunggu di Pra PON itu menjadi medali emas, kenapa tidak. Tinggal persiapan try out. Kalau bisa H-1 bulan kami sudah bisa kembali ke Jayapura, Agustus akhir atau September awal kami sudah bisa kembali recovery di Jayapura,” ungkap Dody.

sudah bisa kembali ke Jayapura, Agustus akhir atau September awal kami sudah bisa kembali recovery di Jayapura,” ungkap Dody.