Kesuksesan Peparnas XVI Papua Jadi Tanggung Jawab Semua Pihak
beritapapua.id - Acara pembukaan bimbingan teknis relawan dan LO Peparnas XVI Papua di Auditorium Universita Cenderawasih, Kota Jayapura (21/10/2021). (foto: Jubi)

Ketua Harian Panitia Besar Pekan Paralimpiade Nasional atau Peparnas XVI Papua, Doren Wakerkwa mengatakan kesuksesan Peparnas XVI Papua menjadi tanggung jawab semua pihak.

Untuk itu ia berharap semua pihak bisa bekerja sama dan berjalan beriringan demi mensukseskan Paralimpiade Nasional ke-16 Papua yang akan mulai pada 2-15 November 2021 nanti.

“Kita semua, baik anak Papua asli maupun anak yang lahir besar di Papua, bertanggung jawab bersama sukses kegiatan ini. Kita semua punya hak melaksanakan Peparnas. Jadi saya harap semua bersatu untuk sukseskan kegiatan Peparnas XVI Papua ini. PON XX sudah sukses, Peparnas XVI pasti sukses, barang apa jadi,” kata Wakerkwa di Kota Jayapura, Kamis (21/10/2021).

Peparnas XVI Papua 2021 sendiri akan terlaksana di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Pada gelaran tersebut akan memperlombakan dan mempertandingkan 12 cabang olahraga yang terbagi dalam 641 nomor. Kompetisi olahraga multi cabang bagi atlet disabilitas itu akan diikuti 2.725 atlet dan ofisial dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Menyukseskan Peparnas XVI Papua

Wakerkwa mengatakan Papua telah berhasil menjadi tuan rumah PON XX Papua. Ia ingin Papua juga mencetak sejarah dengan menyukseskan penyelenggaraan Paralimpiade Nasional ke-16 Papua.

“Papua bisa mengukir sejarah baru bagi bangsa Indonesia, dengan (menyelenggarakan) Peparnas (di Papua). PON XX sudah sukses, dan Peparnas XVI (akan) sukses. Tidak ada yang memandang Papua dengan sebelah mata. Kita, Papua, sudah sejajar dengan provinsi lain,” katanya.

Ia juga meminta semua pihak untuk bisa menjaga kondisi Papuaagar tetap aman dan kondusif. Dengan demikian, para atlet disabilitas dari seluruh Indonesia akan merasakan Papua yang ramah disabilitas dan ramah lingkungan.

“Bagaimana ramah, bagaimana sopan santun terhadap mereka [atlet] penyadang disabilitas. Bagaimana pelayanan terhadap mereka, lakukan [yang] terbaik, dan terbaik diberikan Papua terhadap mereka,” ujarnya.

Koordinator Satuan Tugas Paralimpiade Nasional Papua, Mayjen Gustav Agus Irianto juga mengatakan suksesnya Peparnas XVI merupakan tanggung jawab kita semua.

“Mudah-mudahan ke depan, pada saat pembukaan pada 2 November 2021 sampai dengan 15 November 2021, semuanya berjalan dengan lancar, aman, tertib dan sukses,” katanya.