Kesuksesan PON XX Buktikan Papua Daerah Aman dan Damai
beritapapua.id - Tarian adat Papua saat pembukaan PON XX. (foto: Antara)

Polda Papua menilai kesuksesan PON XX membuktikan Bumi Cenderawasih merupakan daerah yang aman dan damai, tak seperti yang terbayangkan dunia luar.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal mengatakan, kegiatan PON XX di empat klaster berjalan lancar dan sukses. Tidak ada gangguang yang menonjol serte mempedomani protokol kesehatan ketat.

“Suksesnya pelaksanaan PON XX Papua menunjukkan bahwa daerah ini merupakan surga kecil yang aman dan damai,” kata Kombes Pol Kamal di Kota Jayapura, Minggu (17/10/2021).

Kontingen PON dari 33 Provinsi juga mengaku kagum dengan keramahtamahan orang Papua. Belum lagi objek wisata yang ada di Bumi Cenderawasih ini.

Polda Papua juga menggelar syukuran atas suksesnya pengamanan PON di empat klaster yang berakhir Jumat (15/10/2021) malam. Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, memimpin langsung acara perayaan tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan kesuksesan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada 2-15 Oktober lalu membuktikan bahwa Papua aman dan damai.

“Keberhasilan PON XX di Papua melahirkan pembuktian, pertama pembuktian bahwa Papua aman dan damai,” kata Mahfud pada, Minggu (17/10/21).

Dunia Olahraga Semakin Maju

Mahfud juga menjelaskan keberhasilan PON membuktikan bahwa dunia olahraga semakin maju. Sebab pada gelaran PON XX kemarin ada beberapa rekor nasional baru yang dihasilkan.

“Pembuktian bahwa dunia olahraga kita makin maju, terbukti ada yang memecahkan rekor nasional bahkan ASEAN. Ketiga, pembuktian Papua cinta NKRI, tokoh dan rakyat Papua berteriak ‘Papua untuk NKRI’,” bebernya.

Baca Juga: Puncak Gemilang Penutupan PON XX, Jasa Rias Wajah Ramai Diminati

Mahfud juga mengapresiasi kerja keras semua pihak dalam mensukseskan jalannya PON XX 2021. Terlebih ia juga mengucapakan terima kasih kepada Polri, BIN, serta pemda yang telah bekerja sama dalam mengamankan jalannya PON XX. Dengan adanya kerja sama yang baik PON XX terselenggara dengan aman.

“Sebagai penanggung jawab keamanan saya berterima kasih kpd POLRI, TNI, BIN, Pemda Papua, PB PON, dll yang telah menjaga keamanan dengan penuh kenyamanan. Pemeliharaan keamanan mendapat pujian,” pungkasnya.