Ketum KONI Kunjungi Beberapa Venue di Merauke
beritapapua.id - Ketua Umum Komite Olahraga nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman sedang menijau Stadion Katalpal (foto : jubi)

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, mengaku telah melakukan kunjungan di sejumlah venue. Kunjungan ini ia lakukan untuk melihat kesiapan venue untuk bisa menunjang semua pertandingan pada perhelatan PON XX nantinya.

Ia memulai kunjungan tersebut dari Stadion Katalpal, Kelapa Lima hingga ke arena road race yang ada di kampung Hidup Baru, Distrik Tanah Miring. Stadion Katalpal sendiri nanti akan diperuntukan untuk cabang olahraga sepak bola putri dalam babak penyisihan.

Selain itu, untuk aula Archelaus Zai sejauh ini masih dalam proses penyelesaian. Nantinya aula Archelaus Zai akan menjadi tempat berlangsungnya cabor anggar. Dan memang rencananya aula Archelaus Zai akan bisa rambung sebelum pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Oktober mendatang.

Hal ini Norman sampaikan kepada sejumlah wartawan yang ada pada, Kamis (3/6/2021).

“Saya sudah lihat Katalpal dan secara umum stadionnya termasuk lapangan, sudah dirampungkan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan masih ada beberapa hal masih dalam proses penyelesaian, seperti instalasi listrik dan lokasi parkir. Karena memang itu juga adalah bagian penting dalam pelaksanaan PON XX.

“Memang masih ada beberapa pekerjaan kecil lain seperti instalasi listrik, air maupun lokasi parkir kendaraan di luar stadion yang sedang dalam proses penyelesaian,” katanya.

Venue di Kabupaten Merauke Akan Siap Sebelum Oktober

Ia juga menjamin bahwa Kabupaten Merauke akan siap dan semua venue akan selesai sebelum Oktober dan akan rampung secepat mungkin.

Baca Juga : Sekitar 50 Persen Guru di Papua Telah Menerima Vaksinasi

“Saya bisa memberikan jaminan kalau Kabupaten Merauke siap untuk melaksanakan lima cabang olahraga dalam pelaksanaan PON XX,” katanya.

Selain itu ia juga menambahkan fasilitas yang lengkap ini nantinya akan menjadi tempat pembinaan para atlet yang ada di Merauke.

“Saya kira fasilitas telah lengkap, tinggal saja kerja sama Pemkab Merauke bersama KONI setempat untuk bagaimana membina para atlet baik sepak bola, atletik maupun balap motor,” katanya.

Sementera itu Sekretaris KONI Kabupaten Merauke, Thobias Walong juga berpendapat yang sama. Ia mengatakan bahwa pekerjaan di Stadion Katalpal