Ketum Sub PB PON Jayapura Sambut Kedatangan Menkominfo
beritapapua.id - Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si, ketika mengalungkan tas Noken dan memakaikan topi mahkota kepada Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. (Dok. Jayapurakab)

Ketua Umum Sub PB PON XX klaster Kabupaten Jayapura sekaligus Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, sambut langsung kedatangan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate.

Menteri Kominfo mendapatkan sambutan ketika tiba di lobi Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (23/9/2021) sore.

Kehadiran Menteri Kominfo ke Jayapura dalam rangka melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua selama dua hari. Dalam kunjungan kerja itu ia akan menyaksikan secara langsung penyediaan jaringan telekomunikasi dan juga akses internet di Papua. Ini juga merupakan upaya agar melihat kondisi penyediaan jaringan telekomunikasi dan juga akses internet selama penyelenggaraan PON XX di Papua.

Menteri Johnny G. Plate mengatakan, pihak Kominfo berkomitmen dalam menghadirkan jaringan telekomunikasi berkualitas pada saat penyelenggaraan PON XX Papua.

Karena menurutnya, akses komunikasi menjadi salah satu hal terpenting dalam menyukseskan ajang perhelatan PON XX tersebut.

“Kami mendukung sepenuhnya layanan jaringan telekomunikasi seluler 4G,” ujarnya.

Ia juga memastikan bahwa seluruh lokasi dan venue yang menjadi tempat kompetisi olahraga dan juga sarana pendukung sudah memiliki akses komunikasi seluler 4G.

Menjaga Jaringan Telekomunikasi

Pihaknya juga telah berkoordinasi secara intensif dengan operator seluler untuk menjaga jaringan telekomunikasi saat perhelatan PON XX sedang berlangsung. Hal ini supaya jaringan telekomunikasi saat berlangsungnya kompetisi tetap berkualitas.

Dengan tetap menjaga kualitas jaringan ini akan membuat jaringan 4G tetap bisa terakses selama kompetisi berjalan.

Baca Juga: Jubir TPNPB-OPM: Nakes Gerald Sokoy Masih Hidup

“Kami akan mengambil seluruh langkah untuk memastikan ketersediaan layanan telekomunikasi pada ajang olahraga tersebut. Dijaga kualitasnya untuk mendukung telekomunikasi pada saat sebelum dan sesudah ajang olahraga di Papua, ini harus berjalan dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan infrastruktur jaringan telekomunikasi berkualitas melalui sambungan satelit sebagai alternatif.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga jaringan telekomunikasi yang digelar selama event PON XX. Jadi pemanfaatan satelit sebagai back up telekomunikasi saja,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw memeberikan apresiasi yang tinggi kepada Menteri Kominfo yang telah menyediakan jaringan internet yang terbaik selama penyelenggaran PON XX.

“Untuk informasi terkait penyelenggaraan semua pertandingan, hasil dan jadwal serta semua proses yang berlangsung harus diinformasihkan dengan cepat dan akurat kepada publik, jaringan internet yang baik dan memadai adalah salah satu faktor utama bagi kita sebagai penyelenggara,” pungkasnya.