Kini Polda Papua Barat Buka Pengaduan Via Online dan SMS
Kini Polda Papua Barat Buka Pengaduan Via Online dan SMS

Pengaduan Via Online dan SMS Papua Barat – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Polda Papua Barat membuka pelayanan pengaduan online dan SMS. Dengan demikian, pihak kepolisian Papua Barat berharap masyarakat dapat mengadukan permasalahan lebih cepat.

Untuk fasilitas pengaduan online atau daring, Polda Papua Barat tengah mengembangkan website khusus untuk pelayanan masyarakat. Dalam situs bernama www.papuabarat.polri.go.id, nantinya masyarakat dapat memasukkan pengaduannya.

“Kita lagi kembangkan kolom pengaduan masyarakat melalui website tersebut. Jadi, nanti masyarakat bisa membuat pengaduan,” ungkap Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam Erwindi, mengutip papuabaratoke (19/02/2021).

Nantinya, satuan kerja yang bersangkutan akan langsung merespons pengaduan. Misalnya, kasus pengaduan pidana umum akan langsung mendapat tanggapan dari Direktorat Kriminal Umum. Begitu pula dengan kasus lainnya seperti pidana khusus.

Selain mengembangkan pengaduan daring, Polda Papua Barat juga membuka pengaduan via SMS Gateway. Artinya, masyarakat dapat langsung mengajukan pengaduan melalui SMS ke nomor tertentu. Adapun nomor pengaduan Polda Papua Barat adalah 08-1234-80-110.

Seluruh SMS yang masuk ke nomor tersebut akan langsung terkirim ke pihak kepolisian. Bahkan, Kapolda, Wakapolda, Irwasda, PJU dan Kapolres akan menerima pengaduan tersebut.

“Sistem SMS pengaduan itu menggunakan server khusus SMS gateway sehingga diterima oleh server dan akan ter-forward secara otomatis ke Kapolda, Wakapolda, Irwasda, PJU dan Kapolres jajaran,” ujar Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam Erwindi.

Mirip seperti sistem pengaduan daring, satuan kerja yang bersangkutan akan merespons pengaduan tersebut.

Pengaduan Via Online Polda Papua Barat

Baca juga: Tak Hanya Diam, Ketahui 3 Bagian Sabar Ini

Rencana pembuatan pengaduan daring sudah ada sejak awal tahun 2021. Tepatnya, bulan Februari 2021, Humas Polda Papua Barat menyebut tengah mengembangkan fitur tersebut. Namun hingga saat ini, fitur tersebut belum berfungsi.

Oleh karenanya, sistem pengaduan beralih kepada sistem SMS. Humas Polda Papua Barat menyebut agar masyarakat tak sungkan menggunakan layanan tersebut. Ia berharap hal ini dapat mempercepat proses pengaduan masyarakat Papua Barat hingga ke pelosok.

Berkenaan dengan fitur tersebut, Humas Polda Papua Barat berpesan agar masyarakat menggunakan fasilitas tersebut dengan baik. Artinya, baik masukan maupun pengaduan harus beretika, jujur, dan bukan fitnah.