Kirab Api PON XX Telah Tiba di Kabupaten Wamena
beritapapua.id - Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua menerima api PON dari perwakilan atlet asal Jayawijaya di halaman kantor bupati usai dikirab mengelilingi kota Wamena. (foto: jubi)

Rangkaian kegiatan kirab api PON XX Papua akhirnya tiba di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu (29/9/2021). Sebelumnya kirab api berada di Kabupaten Mimika dan telah mengitari Mimika selama sehari penuh yang kemudian akhirnya terbang ke Wamena.

Setibanya di Bandara Wamena, tim kirab dari Timika langsung membawa api PON untuk diarak ke sejumlah titik kota Wamena. Selanjutnya pemberhentian terakhir adalah di halaman kantor bupati Jayawijaya (gedung Wenehule Huby).

Bupati Jayawijaya, Jhon R Banua, mengatakan meski Wamena bukan menjadi salah satu klaster pelaksanaan PON XX Papua, namun dengan terpilihnya Wamena sebagai tempat kirab api PON ini cukup membuat masyarakat merasakan euforia semangat PON XX.

Ia juga mengatakan ini merupakan kebanggan tersendiri bagi masyarakat Wamena karena bisa terpilih menjadi perwakilan wilayah adat Lapago.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat berterima kasih kepada Gubernur Papua dan PB PON atas dipilihnya Wamena sebagai perwakilan wilayah adat Lapago yang dikunjungi kirab api PON XX ini karena menjadi kebanggaan tersendiri bagi Wamena,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan kirab api PON XX yang berlangsung di Wamena ini melibatkan generasi muda Jayawijaya. Pada kegiatan tersebut juga terdapat festival pentas seni dan budaya.

Selain itu, ada pula suguhan produk-produk unggulan dari pengusaha-pengusaha lokal Jayawijaya berupa hasil kerajinan tangan asli Jayawijaya, komoditi unggulan Jayawijaya, serta kuliner.

Momentum Sejarah Bagi Masyarakat Wamena

Sementara itu, Wakil Sekretaris Umum PB PON Papua, Carolus Bolly, menyebut hal ini merupakan momentum bersejarah bagi Papua dan Wamena yang mewakili Lapago untuk dilintasi kirab api PON ini.

Carolus menyebutkan bahwa setelah dari Wamena, kirab api PON XX akan langsung ke wilayah lainnya yaitu Merauke. Dan tujuan akhir tersebut adalah di Jayapura, dengan jarak tempuh udara 3.367 kilometer, tempuh jarak darat 161 kilometer.

Baca Juga: Cinema XXI di Manokwari City Mall Siap Beroperasi

Ia juga mengatakan bahwa penyambutan kirab api di Wamena merupakan mementum bersejarah di wilayah itu. Dan masyarakat juga terlihat antusias dengan kedatangan kirab api di wilayah Wamena.

“Penyambutan kirab ini di Wamena saya rasa sangat luar biasa, ini momentum bersejarah bagi Jayawijaya dan Papua,” katanya