KKB Kembali Berulah, Dua Alat Berat Pegunungan Bintang dibakar
beritapapua.id -Alat berat milik PT WIKA yang hangus dibakar oleh KKB di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (foto: Antara)

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali membali melakukan aksinya. Kali ini aksi dari KKB tersebut adalah membakar dua alat berat milik PT WIKA di kampung Mangabib, Distrik Oksebang, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Kapolres Pengunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito, pada Rabu (8/9/2021) malam membenarkan bahwa terjadi pembakaran alat berat milik PT WIKA. Dan hingga ini pihaknya masih menangani terkait aksi pembakaran tersebut.

Ia menerangkan, menurut laporan yang pihaknya terima, aksi pembakaran alat berat itu baru diketahui setelah salah seorang karyawan PT WIKA melapor ke Polres Pegunungan Bintang di Oksibil.

Karyawan yang bermukim di mess Bolangkop tersebut hendak ke lokasi kerja di Kampung Mangabib. Namun setibanya di lokasi kejadian melihat 2 berat jenis ekskavator dalam keadaan terbakar sehingga mereka tidak berani bekerja dan kembali ke kamp dan melaporkannya ke polres.

“Alat berat tersebut diduga dibakar Selasa malam (07/09/21) atau Rabu dini hari (08/09/21),” ujar Cahyo.

Saat ini polisi sudah ke tempat kejadian perkara (TKP), dan karyawan PT WIKA masih berada di kamp karena warga menjamin akan mengamankan mereka.

Para Pekerja Tak Berani Kembali Bekerja

Atas laporan tersebut, anggota polres langsung menuju TKP. Sedangkan pekerja PT WIKA alat berat memilih tetap berada di mess dan tak berani melanjutkan pekerjaan. Lantaran para pekerja merasa takut dengan aksi KKB tersebut.

Cahyo juga mengatakan bahwa sebelumnya memang sempat terjadi juga perusakan terhadap truk milik PT WIKA serta mencuri peralatan perbengkelan. Dan hal itulah yang membuat para pekerja tak berani melanjutkan pekerjaannya, karena takut kejadian tersebut terulang kembali.

Baca Juga: TNI AL Menggelar Vaksinasi Kepada Pelajar SMA di Kabupaten Sorong

“Sebelumnya tanggal 29 Juni lalu KKB juga melakukan perusakan terhadap truk milik PT WIKA serta mencuri peralatan perbengkelan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Jalan Nasional Wamena Zepnat Kambu secara terpisah membenarkan adanya pembakaran terhadap alat berat milik PT WIKA.

Ia menjelaskan bahwa dua alat berat untuk digunakan melakukan pembangunan jalan Oksibil-Towe Hitam.

“Ada beberapa alat berat yang dilaporkan dibakar namun tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut,” ujar Zepnat.