KKB Kembali Berulah, Pesawat Kargo PT Asian One Nyaris Tertembak
beritapapua.id - Tampak kegiatan operasional di bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, beberapa waktu yang lalu. (Foto: Antara)

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali melakukan teror dan membuat ulah di Papua. Kali ini KKB menembaki Pos Runway 25 Satgas Lanud BKO Kodam XVII/Cenderawasih di areal Bandara Aminggaru, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (13/5/2022) pagi.

Rentetan tembakan nyaris mengenai pesawat kargo milik PT Asian One yang hendak mendarat di bandara tersebut.

Kapolres Puncak I Nyoman Punia mengatakan, kondisi pesawat kargo tersebut dalam keadaan baik. Usai mendengar suara tembakan, pesawat langsung take off kembali menuju Bandara Mozes Kilangin, Timika.

“Akibat bunyi tembakan, pesawat tersebut akhirnya tidak jadi mendarat dan memilih kembali serta dalam keadaan baik-baik saja,” ujar Nyoman, Jumat (13/5/2022).

Ia mengatakan gangguan keamanan tersebut mulai terjadi pukul 09:26 WIT. Terdengar bunyi tembakan yang belum bisa dipastikan asalnya karena posisi Ilaga banyak terdapat lembah-lembah.

Ia menjelaskan bahwa setelah terdengar suara tembakan aparat gabungan TNI-Porli dengan cepat langsung meresponnya.

“Saat terdengar bunyi tembakan, aparat gabungan TNI dan Polri langsung merespons. Hanya arah tembakan dan sasaran yang dituju belum diketahui. Jadi kami belum bisa pastikan penembakan itu diarahkan ke pesawat atau tidak,” katanya.

Aktivitas Bandara Kembali Kondusif

Kapolres mengungkapkan, saat ini aktivitas bandara sudah ramai dan sudah kembali berjalan kondusif. Bahkan ada empat pesawat yang mendarat di Bandara Aminggaru Ilaga.
“Situasi saat ini di bandara sudah tidak ada penerbangan. Namun aparat gabungan masih berjaga,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Unit Pengelola Bandara Udara Aminggaru Herman Sujito membenarkan adanya gangguan penembakan tersebut.

Baca Juga: Polisi Paksa Bubarkan Aksi Demo di Kota Jayapura, Dua Anggota Alami Luka-luka

Dia menjelaskan, dari laporan yang diterimanya awalnya pesawat kargo milik Asian One itu hendak landing, namun terdengar dua kali bunyi tembakan sehingga pilot pesawat memutuskan mendarat dan memutar balik arah kembali ke Timika.

“Iya benar, pesawat milik PT Asian One nyaris ditembaki saat melakukan pendaratan. Syukur semuanya selamat. Usai dengar suara tembakan, pesawat Asian One langsung melakukan keberangkatan kembali ke Timika,” ucapnya.

Saat hendak memutar itu terdengar kembali bunyi tembakan namun tembakan itu tidak mengenai badan pesawat.

“Tidak ada korban jiwa ataupun benda dalam insiden tersebut,” kata Herman.

Herman Sujito mengakui, saat insiden itu terjadi ada tiga pesawat kargo lainnya yang terbang di belakang pesawat Asian One namun akhirnya kembali ke Timika.

“Setelah insiden penembakan itu tidak ada pesawat yang mendarat di Bandara Aminggaru Ilaga,” katanya.