KKB Kembali Berulah, Rumah Warga di Kabupaten Puncak Dibakar KKB
beritapapua.id - KKB Papua kembali berulah di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. (Foto: Istimewa)

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah dengan membakar rumah warga di Kampung Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada Selasa 5 April 2022.

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal membenarkan aksi teror KKB di wilayah Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Ia mengatakan bahwa sebelum melakukan pembakaran, KKB sempat melepaskan tiga kali tembakan dengan laras pendek dari arah Gereja Katolik.

“Mereka sebelumnya bunyikan letusan di kompleks pasar diduga senjata api yang berbunyi suara laras pendek sebanyak 3 kali dari arah sekitar Gereja Katolik”, kata Kamal, Rabu 6 April 2022.

Setelah terdengar suara bunyi letusan, kemudian KKB melakukan pembakaran ke rumah milik YT. Ia mengatakan bahwa rumah seorang warga tersebut juga berdekatan dengan PT Moder.

“Kemudian mereka membakar rumah milik warga berinisial YT yang berdekatan dengan PT Moder”, kata Kamal, Rabu 6 April 2022.

Kamal juga mengatakan bahwa pembakaran itu terjadi pada pukul 18.25 WIT, polisi tiba di lokasi kejadian pukul 18.45 WIT.

Tidak Ada Korban Jiwa

Ia juga menjelaskan bahwa dalam insiden ini tidak ada korban jiwa, baik dari warga sipil maupun aparat gabungan TNI-Polri. Namun ia mengecam aksi KKB yang dinilai sangat meresahkan masyarakat di Kabupaten Puncak. Untuk itu para aparat gabungan tengah melakukan pengamanan di sekitar lokasi hingga Rabu (6/4/2022).

Menurutnya dengan hadirnya aparat keaman di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa tenang bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas pasca penyerangan tersebut.

Baca Juga: Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Sambut Baik KONAS GMKI 2022 di Papua

“Kehadiran TNI-Polri di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan aman dan nyaman tanpa adanya rasa takut atau teror yang dilakukan oleh KKB,” tegas Kamal.

Ia juga menjelaskan pasca pembakaran salah satu rumah warga tersebut, kondisi di wilayah Kabupaten Puncak sudah aman dan kondusif.

“Pasca kejadian di Kabupaten Puncak, aman kondusif, personel gabungan terus melakukan pengamanan untuk memastikan situasi aman,” ujar Kamal.

Kamal juga sangat mengecam adanya peristiwa pembakaran rumah warga oleh KKB. Atas peristiwa ini, menurut Kamal membawa keresahan bagi warga sekitar.