KKB Tembak Karyawan di Nduga Papua dan Bakar Tangki Solar
beritapapua.id - lokasi kejadian penembakan Karyawan oleh KKB Nduga Papua. (foto: istimewa)

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menembak karyawan PT Delarosa di Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua. Insiden tersebut terjadi pada Selasa (16/11/2021) pagi di kamp PT Delarosa.

Korban yang tertebak dalam insiden tersebut adalah karyawan bernama Andi Rerung. Korban tersebut mendapat luka tembakan di bagian kaki. Saat ini korban juga sudah berhasil di evakuasi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Setelah kejadian tersebut personel gabungan langsung melakukan olah TKP dan mengejar para pelaku penembakan.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal membenarkan bahwa benar terjadi inside penembakan oleh KKB terhadap karyawan di Nduga Papua.

“Memang benar ada laporan penembakan hingga menyebabkan Andi Rerung, karyawan PT Delarosa terluka di bagian kaki,” kata Kombes Kamal di Jayapura, Rabu (17/11/2021).

Laporan Kejadian

Kamal mengatakan berdasarkan laporan yang pihaknya terima, kejadian penembakan oleh KKB yang menimpa Andi terjadi pada Selasa (16/11/2021) sekitar pukul 05.00 WIT.

Ia juga menjelaskan bahwa penembakan oleh KKB itu bermula saat saksi J yang bangun sekitar pukul 05.00 WIT untuk mempersiapkan masakan. Lalu dia melihat ke arah tangki minyak solar pabrik produksi pengaspalan sudah terbakar.

“Saksi kemudian memberitahukan kepada karyawan lainnya, termasuk korban Andi Rerung dan rekannya JS. Mereka kemudian berlari sambil membawa ember ke lokasi kebakaran,” kata Kombes Pol Kamal di Kota Jayapura, Papua, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Manokwari Turun, Bupati Berharap Tetap Jaga Prokes

Namun, saat berlari sekitar 65 meter dari basecamp terdengar bunyi letusan senjata api lebih dari satu kali dari arah timbunan batu kerikil. Tembakan itu salah satunya mengenai kaki kanan korban. Karyawan lain juga tetap berusaha memadamkan api yang menyala di tangki solar tersebut.

Kemudian saksi mengevakuasi korban ke kamp. Sementara itu, karyawan lainnya berupaya memadamkan api yang menyala di tangki solar pabrik produksi pengaspalan.

Sekitar pukul 08.50 WIT tim gabungan dipimpin Kabag Ops Polres Nduga Iptu Bernadus ICK tiba di tempat kejadian perkara, kemudian melakukan olah TKP penembakan di kamp PT Delarosa Kabupaten Nduga.

“Korban saat ini sudah dievakuasi ke Timika untuk dirawat,” kata Kombes Pol Kamal.