KM Sirimau Resmi Menjadi Tempat Isolasi Terpusat Apung
beritapapua.id - Kapal Pelni KM Sirimau. (foto : kumparan)

KM Sirimau telah resmi sebagai tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19, pada Selasa (24/8/2021) kemarin. Sebelum acara peresmian kemarin Wali Kota Sorong Lambert Jitmau sempat meninjau kesiapan kapal milik PT Pelni tersebut.

Saat melakukan peninjauan, ia menilai kapal milik PT Pelni yaitu KM Sirimau siap menjadi tempat isolasi mandiri.

Peresmian operasional tempat isolasi KM Sirimau ini terlaksana secara virtual, dan diresmikan oleh Menteri Perhubungan yaitu Budi Karya Sumadi.

Dalam acara peresmian itu, Budi Karya Sumadi menyampaikan harapannya agar kapal tersebut bisa bermanfaat dan bisa melayani masyarakat dengan baik.

“Kami harap fasilitas kapal isolasi terapung ini dapat menjadi lokasi isolasi pasien Covid-19 agar dapat mencegah penyebaran virus Corona di Kota Sorong,” ujarnya.

Baca Juga : Dua Pemain Persipura Absen Dalam Pemusatan Latihan Jelang Liga 1

Sementara itu, Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perhubungan yang telah membantu pemerintah kota Sorong. Karena menurutnya bantuan Menteri Perhubungan tersebut bisa membuat KM Sirimau menjadi isolasi terapung bagi pasien Covid-19.

Ia juga menjelaskan bahwa sebelumnya, pemerintah kota Sorong meminta bantuan kepada Kementerian Perhubungan untuk menyediakan kapal guna menyiapkan fasilitas isolasi terpusat bagi pasien Covid-19.

“Sekali lagi, atas nama masyarakat kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri Perhubungan dan Presiden yang memberikan perhatian terhadap Kota Sorong,” ujarnya.

Isolasi Mandiri di KM Sirimau Gratis

Wali Kota kemudian mengajak warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk menjalani isolasi terpusat apung di KM Sirimau. Masyarakat yang ingin melakukan isolasi mandiri di Kapal Motor Sirimau pun tidak akan terkena bayaran atau gratis.

Ia juga menjelaskan bahwa Kapal Motor Sirimau juga menyediakan kebutuhan makanan dan obat-obatan yang nantinya bisa masyarakat konsumi saat isolasi mandiri.

“Makanan dan obat-obatan selama menjalani karantina di atas kapal KM Sirimau gratis disiapkan pemerintah,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengatakan masyarakat tidak perlu lagi khawatir jika ingin melakukan isolasi mandiri di Kapal Motor Sirimau. Dan ia juga berharap masyarakat bisa memanfaatkan bantuan yang pemerintah Kota Sorong berikan terkait dengan tempat isolasi mandiri tersebut.