KM Tidar Akan Menjadi Tempat Isoman Apung Bagi Pasien Covid-19
beritapapua.id - KM Tidar, kapal milik Pelni yang digunakan sebagai salah satu tempat isolasi apung. (foto : telisik)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Provinsi Papua, berencana akan menggunakan KM Tidar untuk jadi tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 di Jayapura.

Namun saat ini, KM Tidar masih dalam proses pembenahan dan penyekatan agar bisa segera untuk digunakan menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19.

“Penyekatan sudah selesai, tapi kami harus pakaikan lagi sprei, sarung bantal, dan selimut,” ujar Kepala BPBD Kota Jayapura, Bernard Lamia, di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (19/8/2021).

Lamia mengatakan bahwa masih ada sedikit pembenahan yaitu penyekatan ruangan yang antara pasien yang laki-laki dan perempuan. Penyekatan ruangan ini juga bertujuan agar terlihat rapi dan penanganan menjadi lebih maksimal.

“Memang belum selesai semua dikerjakan, cuma dek 4 sudah selesai, tinggal dek 3 dan 5. Tanggal 20 sudah bisa ditempati meski masih ada yang belum dikerjakan, kita sambil jalan sambil lengkapi. Dek 3 sampai dek 5 mampu menampung 900 orang pasien,” jelas Lamia.

Lamia menambahkan bagi warga di ibukota Provinsi Papua tersebut, yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah atau yang sudah terdeteksi Covid-19, agar segera melapor untuk dipindahkan tempat isolasi ke KM Tidar supaya mendapat penanganan yang lebih baik selama masa isolasi dan cepat sembuh dari Covid-19.

“Jangan sampai yang bersangkutan berbaur dengan masyarakat sehingga menyebarkan virus ini. Mari kita bersama-sama memutus penyebaran Covid-19,” ujar Lamia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan selain menyiapkan fasilitas tempat tidur, kebutuhan medis, alat pelindung diri, obat, dan vitamin, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh bagian kapal.

KM Tidar Jadi Tempat Isolasi OTG

Rustan mengatakan KM Tidar sudah bisa beroperasi guna menjadi tempat isolasi terapung bagis pasien Covid-19 mulai tanggal 20 Agustus. KM tidar nantinya akan menjadi tempat isolasi bagi orang tanpa gejala (OTG) maupun dengan gejala ringan.

Ia juga mengatakan KM Tidar tersebut akan berada di dermaga Pelabuhan Jayapura. Jadi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah dan pasien di LPMP Papua bisa menjalani isolasi di KM Tidar.

Baca Juga : Satgas Pinang Sirih Berhasil Kuasai Markas KKB

“Jumlah tempat tidur di KM Tidar ada 1.448 dan ditambah lagi dengan bangsal yang disekat menjadi ruangan. Saya pikir jumlah tempat tidur nantinya banyak dan bisa menampung pasien isolasi,” ujar Rustan.

Rustan berharap agar semua warga di ibukota Provinsi Papua bisa mentaati imbauan pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dengan warga ikut bekerjasama menerapkan prokol kesehatan, ia yakin hal tersebut bisa mempercepat memutus penyebaran Covid-19.