Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW Resmikan Depot Air Masyarakat di Perbatasan RI-PNG
beritapapua.id - Peresmian Depot Air Rajawali di Kampung Toray, Sota, Merauke. (Foto: Pendam XVII/Cenderawasih)

Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW, Letkol Inf Goklas P. Silaban, meresmikan pengoperasian depot air minum di Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke Papua, Rabu (22/06/2022).

Dansatgas didampingi Perwira Staf disambut oleh Ibu Kepala Kampung beserta Kepala Adat dan masyarakat setempat dengan Kesenian Adat Suku Yei.

Pada kesempatan itu, Dansatgas mengucapkan selamat atas peresmian pengoprasian Mesin Penjernih air yang bernama Depot Air Minum Rajawali ini.

“Atas nama Satgas Yonif 123/Rajawali saya ucapkan selamat dan syukur serta secara resmi Depot Air Rajawali beroperasi. Dan ini kita serahkan kepada Masyarakat Kampung Toray,” ucap Dansatgas.

“Dengan adanya Depot Air siap Konsumsi ini diharapkan taraf hidup sehat masyarakat meningkat sebab Depot Air minum ini dilengkapi oleh alat Mesin Penjernihan Air RO (Reverse Osmosis), yang mana membuat kualitas air menjadi baik dan siap untuk untuk di konsumsi,” tambahnya.

Bentuk Pengabdian TNI Kepada Masyarakat

Ia mengatakan bahwa pihaknya melakukan terobosan tersebut karena masih kurang baiknya kualitas air di perbatasan Papua. Selain itu, ini juga bentuk dari pengabdian TNI kepada masyarakat.

“Sebagai mana arahan Bapak Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurrahman Bahwa TNI Hadir dan mengabdi untuk rakyat, mengatasi kesulitan kesulitan rakyat, terlebih air adalah sumber kehidupan,” ucap Dansatgas.

Baca Juga: Dinas Kominfo Provinsi Papua Sebut Ujaran Kebencian di Medsos Meningkat Jelang Pemilu 2024

Sementara itu, Kepala Kampung Toray, Ibu Barsalina Deda mengucapkan terimakasih kepada Dansatgas beserta Prajurit Yonif 123/RW yang telah berupaya membangun depot air minum ini.

“Saya Selaku Kepala Kampung Toray seluruh masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada Komandan Satgas beserta Prajurit Satgas Rajawali yang telah memberikan Depot Air di kampung kami, ini sangat kami butuhkan dan sangat bermanfaat bagi kami,” ucap Kepala Kampung.

Dansatgas berharap masyarakat dapat menjaga dan merawat keberadaan Depot Air tersebut agar dapat terus beroperasi dengan baik

Turut hadir Danramil 1707-16/Sota Mayor Inf. Daniel Ngilawane, Kapolsek Sota Ipda Yustus Maudul, SE., M.Si, Kepala Distrik Sota Yuliastri Karim, S. STP, dan Tokoh Adat serta Masyarakat Kampung Toray.