Komedian Senior Omas Wati Meninggal Dunia
beritapapua.id - Komedian Senior Omas Wati Meninggal Dunia - Tribunnews

Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, komedian senior Omas Wati meninggal dunia, Kamis 16/7/2020. Sejauh ini belum di ketahui penyebab dari kematiannya. Berita ini pertama kali disampaikan oleh Dorce Gamalama melalui Instagram-nya. Ia mengunggah potret lawas dirinya saat bersama pelawak yang biasa disapa Mpok Omas tersebut.

“Innalilahi wainn ailaihi rojiun kembali berita duka tadi barusan saya terima berita duka dari bang Mastur yang mana kakaknya Omas Wati meninggal dunia pada hari ini , bakda isya,” demikian kata Dorce.

Pelawak asal betawi ini mengembuskan napas terakhir di usia 54 tahun. Meninggalkan tiga anak, Muhammad Rizky Dioambiah, Dinda Olivia, dan Dimas Aji Septian. Omas meninggal dunia di kediamannya yang berada di kawasan Cimanggis, Depok. Hingga kini, pihak keluarga belum memberikan kabar tentang rencana shalat jenazah dan pemakamannya.

Baca Juga: Evi Masamba Lelang Mobilnya Demi Beri Bantuan ke Luwu Utara

Berawal dari Panggung Lenong

Omaswati lahir di Jakarta, Indonesia, 3 Mei 1966, adik dari Mandra ini mengawali karier dengan bermain kesenian tradisional Betawi Lenong. Omas juga ingat betul bagaimana ayahnya jadi salah satu pionir kesenian Betawi di Indonesia. Lalu, ia berujar bahwa sang ayah adalah sosok yang cukup konsisten dalam mengajarkan keluarga untuk melestarikan budaya Betawi.

Saat ini kebudayaan dan kesenian Betawi memang semakin terpinggirkan. Padahal budaya Betawi seharusnya bisa eksis menjadi budaya asli Ibu Kota Indonesia, Jakarta. Menurutnya anak muda zaman sekarang sudah mulai enggan untuk melestarikan budaya daerah khususnya Betawi.

Selain lenong ternyata Omas pernah mencoba berkarir di dunia akting. Sejumlah sinetron kejar tayang pernah ia bintangi, di antaranya Cinta Fitri, Akibat Pernikahan Dini, Yang Muda Yang Bercinta, dan Upik Abu dan Laura.

Selama berkarir di industri entertainment Indonesia, Omas sering tampil sebagai bahan candaan dalam sebuah acara komedi. Seringkali lawan mainnya mengomentari soal bentuk wajahnya yang disebut kampungan. Namun, siapa sangka ia adalah salah satu seniman asli Betawi tersukses yang dimiliki negeri ini. Dengan jajaran judul sinetron atau komedi yang pernah dia bintangi. Omas sudah menggenggam popularitas di tangannya.

Pada tahun 2018 silam Omas mengatakan tidak menerima tawaran bermain sinetron striping. Karena faktor usia yang menyebabkan ia tidak kuat dengan pola shooting sinetron striping. Pertimbangan lainnya adalah keluarga, di samping kesibukan sebagai artis Omas juga harus mengurus anak-anak dan suaminya.