Komisi Pengarah Beri Izin Formula E di sekitaran Monas
beritapapua.id - Komisi Pengarah Beri Izin Formula E di sekitaran Monas - forbes.com

Gubernur DKI Jakarta, pada Juli 2019 berencana bahwa Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil Formula E 2020. Hal tersebut diungkap Gubernur DKI Jakarta yaitu Anies Baswedan usai bertemu dengan Federation International Automotive (FIA) selaku pengelola Formula E di Brooklyn, New York, Amerika Serikat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI Jakarta) pada awalnya menyatakan ada 2 (dua) rute di sekitaran Monumen Nasional (Monas) yang akan dijadikan balap Formula E 2020. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan 2 (dua) rute ini sudah disetujui oleh Pihak penyelenggara Formula E.

Sirkuit Pertama yaitu Silang Monas Tenggara – Jl. MI Ridwan Rais – Tugu Tani – MI RIdwan Rais – Jl. Merdeka Selatan – Wisma Antara – Kedubes AS – Silang Monas Tenggara. Rute lainnya adalah Silang Monas Selatan – Gambir – Ridwan Rais – Merdeka Selatan – Bundaran Patung Kuda – Silang Monas Selatan. Ke 2 (dua) rute yang lolos dari hasil seleksi pada awalnya terdiri dari lima sirkuit telah disetujui FIA selaku promotor usai melakukan survey di Jakarta pada 8 Juli 2019. Formula E melalui situs resminya memastikan Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah seri balapan pada 6 Juni 2020 yang dikonfirmasi pada pertengahan bulan September 2019.

Besarnya biaya anggaran untuk Formula E 2020 ditafsir sebesar Rp.767 miliar rupiah, yang mana terdiri dari garansi bank, dan juga biaya pelaksana. Anggarannya berasal dari Pos Penyertaan Modal Daerah (PMD) kepada PT. Jakarta Propertindo (Jakpro).

Baca Juga: Siasat Pecah Belah ‘Ap Molah’ di Tanah Papua

Formula E di Monas sempat Dilarang

Pada bulan Februari 2020 Komisi Pengarah dengan hasil rapatnya meminta gelaran Formula E 2020 dilarang diadakan di Monas. Alasannya adalah Kawasan Monas termasuk dalam Cagar Budaya. Permintaan tersebut terbilang mendadak dikarenakan rute yang tadinya disetujui harus ditinjau kembali. Selain itu, tinjauan tersebut tentunya memerlukan waktu yang tidak sedikit mengingat ajang balapan tersebut akan dilaksanakan pada 6 Juni 2020. Pemerintah DKI Jakarta bersama Formula E Operations  kemudian berencana mengubah rute. Jalan Thamrin, Sudirman, dan Gelora Bungkarno, namun masih dalam tahap Peninjauan.

Dikutip dari IDN Times pada 7 Februari 2020 Komisi Pengarah Kawasan Medan Merdeka akhirmya mengizinkan Pemprov DKI Jakarta untuk menggelar Formula E Area Monas, Jakarta Pusat. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Sekretariat Negara Setya Utama.

Ia juga mengatakan Komisi Pengarah mengkaji ulang dalam surat jawaban resmi tanggal 7 Februari 2020. Surat tersebut berisi tentang persetujuan penyelenggaran Formula E di kawasan Medan Merdeka. Tentunya dengan memberhatikan beberapa hal, seperti memperhatikan peraturan perundang-undangan terkait.