Kondisi Masyarakat Terdampak Papua Terkait Pandemi Covid-19
beritapapua.id - Kondisi Masyarakat Terdampak Papua Terkait Pandemi Covid-19 - BeritaSatu

Kondisi Masyarakat Terdampak Papua Terkait Pandemi Covid-19 – Mahasiswa dan mahasiswa dari Kabupaten Maybrat yang kuliah di luar tanah Papua meminta Pemerintah Daerah (Pemda) memberikan bantuan langsung tunai dalam situasi pandemi virus covid-19.

Ruben M. Antoh koordinator umum mahasiswa Maybrat Kota Surabaya mengatakan, kemunculan virus corona pada awal Desember 2019 di Wuhan, Provinsi Hubei, China, telah menyebabkan kekhawatiran global yang tak dapat dihindari.

Virus dengan tingkat penularan yang begitu cepat itu akhirnya menyebar dengan agresif ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Covid-19 sangat  berbahaya bagi kesehatan manusia bahkan mengakibatkan jumlah korban yang begitu banyak dan berdampak besar terhadap ekonomi global.

Dikatakan, berdasarkan data Worldometers, per April 2020, total jumlah kasus positif corona di dunia sudah mencapai 3.081.502. Dari 3,08 juta kasus positif corona di dunia tersebut, 212.337 jiwa telah meninggal dan 931.855 orang berhasil sembuh. Sampai hari ini, masih ada 1.937.310 pasien yang menjalani perawatan dan 56.255 di antaranya sedang kritis.

Baca Juga: Masa Transisi Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Kondisi Masyarakat Indonesia

Negara Indonesia juga yang tercatat menjadi salah satu negara terdampak, pada tanggal 28 april 2020 tercatat total 9.511 kasus positif corona yang tersebar di 34 provinsi di seluruh indonesia.

Hingga 13 Juni 2020, jumlah pasien positif corona sebanyak 37.420, pasien sembuh corona 13.776 orang dan yang meninggal 2.091 orang. Fasilitas kesehatan yang tidak merata, pemerintah yang tidak efektif menekan laju penyebaran justru terbalik setiap hari makin meningkat.

Lebih lanjut tercatat beberapa  Provinsi di indonesia mengalami peningkatan  setiap hari, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah.

Tercatat angka kematian yang cukup tinggi, hal ini membuktikan bahwa tingkat penyebaran Covid-19 dibeberapa daerah terus meningkat. Di Provinsi Papua dan Papua Barat mulai meningkat. Akses transportasi publik dari luar dan masuk ke Papua dan Papua Barat sementara dibatasi untuk menekan penyebaran virus corona.

Beberapa daerah di Provinsi Papua Barat seperti Kota Sorong, Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Sorong Selatan dan Kabupaten Maybrat telah mengunci wilayahnya masing-masing untuk memutuskan penyebaran virus korona.