KONI Papua Apresiasi Langkah Perbakin Sertifikasi Juri Untuk PON XX
beritapapua.id - Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya (foto : jubi)

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua mengapresiasi langkah maju Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Papua yang telah menyiapkan SDM juri untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Perbakin Papua baru saja selesai menggelar penataran dan sertifikasi juri lisensi C. Perbakin Papua menggelaran hal tersebut selama empat hari, 17 Juni hingga 20 Juni 2021 di Kotaraja, Jayapura.

Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya menyampaikan, bahwa apa yang sudah Perbakin Papua lakukan adalah sebuah solusi untuk menyiapkan SDM berkualitas. Dan ia berharap langkah ini bisa mencetak juri-juri yang berkompeten untuk mengemban tugas di ajang-ajang nasional.

Ia juga mengatakan pihaknya mengapresiasi Perbaikin Papua yang sudah menyelenggarana sertikasi linsensi C tersebut. Karena ia memandang bahwa salah satu kendala di Papua sejauh ini adalah SDM juri.

Kenius berharap, apa yang Perbakin Papua lakukan itu bisa cabang olahraga lainnya ikuti. Hal ini agar bisa menyiapkan SDM juri dan wasit menuju perhelatan PON XX.

“Mereka yang ikut pelatihan diharapkan bisa mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan dengan baik, mendalami dengan baik karena bukan saja menjadi untuk PON, tapi juga iven bergengsi lainnya,” imbaunya.

“Diharapkan mereka bisa dapatkan lisensi yang lebih tinggi supaya bisa memimpin pertandingan di level yang lebih tinggi,” tambahnya.

Perbakin Papua Kekurangan Tenaga Juri Berlinsensi

Sementara itu, Ketua Umum Perbakin Papua, Johny Banua Rouw, menyatakan pihaknya saat ini kekurangan tenaga juri berlisensi. Dan hal itu membuat penataran ataupun sertifikasi itu terasa sangat penting karena pihaknya membutuhkan tambahan juri bersertifikat nasional.

“Mengingat kita di Papua sangat minim terkait juri. Kita hanya mempunyai 2 juri. Kalau event itu dilakukan maka kita membutuhkan sekitar 33 juri yang mempunyai sertifikat,” kata Banua Rouw.

Baca Juga : PDAM Jayapura Targetkan Penambahan 1500 Pelanggan Baru

Ia juga menyampaikan bahwa usai PON nantinya Perbakin sudah mendapatkan SDM yang mumpuni. Dan pada akhirnya pihaknya dapat mengembangkan potensi daerah berjangka panjang dan nasional.

“Yang terpenting adalah setelah momentum PON Papua selesai, kita sudah mendapatkan SDM-SDM yang ada, yaitu juri kita banyak, yang bisa membantu kita mengembangkan prestasi jangka panjang,” tutupnya.