KONI Papua Mewajibkan Para Atlet Untuk Menjalani Vaksinasi Covid-19
Wawancara Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya (foto : jubi.co.id)

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua mewajibkan para atletnya untuk menjalani vaksinasi covid-19. Hal itu sebagai bentuk dalam kesiapan sebelum tampil pada iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang hanya tersisa hitungan bulan.

Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, mengatakan bahwa sudah ada sebagian atlet yang menjalani vaksinasi. Dan untuk atlet yang belum menerima vaksinasi akan yang tinggal menunggu jadwal.

Ia menuturkan, akan melakukan vaksinasi tersebut menyesuaikan dengan jadwal program periodesasi latihan masing-masing cabang olahraga (cabor).

Kenius menuturkan vaksinasi tersebut sangat perlu untuk mencegah para atlet dari Covid-19. Hal itu sebagaimana Presiden Joko Widodo instruksikan langsung pada berapa waktu lalu.

Ia juga meminta agar vaksin yang para atlet terima harus sudah terjamin aman dan benar-benar bermanfaat untuk mencegah covid-19.

“Jadi kalau pemerintah menjamin vaksin itu sangat ampuh untuk menjawab masalah Covid-19, itu sudah pasti menjadi kewajiban bagi setiap atlet dan official bahwa mereka harus siap untuk divaksin,” ujarnya.

Kenius juga minta tim medis KONI dan Dinas Kesehatan Papua berkoodinasi untuk menentukan jadwal program vaksinasi bagi para atlet.

“Itu bisa disesuaikan, kita minta dari Dinkes berkoordinasi dengan tim medis KONI supaya kita bisa atur waktunya. Tinggal vaksinnya diberikan kepada tim medis atau dokter yang saat ini menangani atlet kita di KONI, itu mereka bisa mengatur jadwalnya dengan baik,” jelasnya.

Kenius sendiri khawatir jika program vaksinasi tersebut nantinya bisa terbentur dengan agenda pemusatan latihan tiap-tiap cabor. Untuk itu ia meminta harus mengaturnya dengan baik dan harus ada aturan jadwal vaksinasi.

Rencana Pelaksanaan Vaksinasi Sebelum Bulan Agustus

Sementara itu, Panitia Besar (PB) PON Papua juga sudah bersiap untuk melakukan vaksinasi. Rencananya vaksinasi tersebut bakal PB PON lakukan sebelum menggelar test event pada bulan Agustus mendatang.

Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda, mengatakan pihaknya sudah membahas agenda vaksinasi tersebut sejak berapa waktu lalu.

Baca Juga : Anggota DPR Papua Lakukan Dialog Dengan Asosiasi Nelayan OAP

“Dalam rapat kita berapa waktu lalu, kita juga sudah membahas hal tersebut, dan kami minta untuk dilakukan vaksinasi, kami minta kepada bidang kesehatan harus ada vaksin untuk pengurus PB PON, juga kita harapkan secara nasional dilakukan,” kata Wonda kepada wartawan.

Sehingga, menurutnya, para atlet maupun kontingen yang nanti terlibat dalam pelaksanaan PON XX di Bumi Cenderawasih sudah aman dan telah melakukan vaksinasi.

“Pak Presiden kan sudah meminta untuk dilakukan vaksinasi, termasuk untuk masyarakat yang berada di sekitar venue,” ujarnya.

Oleh karena itu ia menerangkan, bahwa semuanya nanti harus mendapatkan vaksinasi untuk mencegah hal yang. Harapnya agar bisa membuat PON XX ini bisa berjalan dengan baik.

Wonda juga mengharapkan, pengurus PB PON sudah menerima vaksinasi dan juga semua yang terlibat nantinya.

“Sebelum test event harus divaksin, target kita kan sudah bicarakan dengan bidang kesehatan dalam waktu dekat mereka akan siapkan vaksinnya,” pungkas Wonda.