Sistem Manajemen Kompetensi
Beritapapua.id - Konsultan Sistem Manajemen Kompetensi dan Manfaatnya

Sistem manajemen kompetensi atau competency management system merupakan metode pengkategorian dan pelacakan kualifikasi sehingga kandidat nantinya bisa lebih kompeten dan memiliki keahlian yang terasah. Oleh sebab itu, penting pula bagi perusahaan untuk mengetahui kompetensi kandidat secara detail sehingga dapat memaksimalkan keterampilan yang dimiliki kandidat dengan tepat.

Visi dan misi perusahaan akan sulit tercapai jika kompetensi kandidat tidak dikembangkan sesuai dengan bidangnya atau perusahaan tidak memiliki kandidat yang kompeten sesuai bidang usahanya.

Kompetensi adalah karakteristik pribadi mendasar yang berkontribusi pada kinerja pekerjaan sumber daya. Kompetensi mengacu pada perilaku dan sikap sumber daya. Kompetensi atau kemampuan ini bisa dalam bentuk apa saja. Termasuk keterampilan menggunakan software tertentu, keterampilan berbahasa asing, hingga soft skill seperti keterampilan komunikasi, bersosialisasi dan masih banyak lagi.

Baca juga: Manfaat Minyak dan Gas Bumi Dalam Keseharian Kita

Berikut manfaat Sistem Manajemen Kompetensi:

1. Pengembangan Sistem Manajemen Kompetensi

Kandidat bisa mengenal kekurangan dan kelebihan diri nya. Hal ini akan memicu kandidat untuk semakin meningkatkan keterampilan mereka sehingga bisa memenuhi target kerja dari perusahaan.

2. Pembelajaran

Jika terdapat kesenjangan kompetensi atau keterampilan kandidat yang terlihat jelas, maka kandidat perlu pelatihan yang tepat. Dengan memanfaatkan competency management system ini secara efisien, baik kandidat maupun perusahaan akan mengetahui program apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

3. Meningkatkan Kinerja Kandidat dan Perusahaan

Penggunaan sistem ini akan membantu meningkatkan kinerja individu maupun tim dalam perusahaan. Kandidat dan perusahaan akan lebih bersinergi meningkatkan kinerja yang lebih baik sehingga tujuan perusahaan lebih mudah tercapai. Dengan sistem inilah, akan membantu perusahaan memutuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas kinerja kandidat.

4. Mengurangi Resiko Kesalahan Perekrutan Kandidat Baru

Penting bagi perusahaan menggunakan sistem kompetensi manajemen untuk meminimalisir resiko kesalahan saat perekrutan kandidat baru. Hal ini karena perusahaan sudah memiliki standar kompetensi kandidat yang dibutuhkan perusahaan. Perusahaan akan berfokus mencari kandidat baru yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Petrotekno menyediakan layanan konsultasi untuk sistem manajemen kompetensi, selain pelatihan keahlian dalam meningkatkan kualitas dan kinerja kandidat di dunia professional.