Kontak Senjata Kembali Terjadi di Maybrat, Satu Prajurit Gugur
beritapapua.id - Kontak senjata berlangsung antara TNI-POLRI dengan KKB di Kabupaten Maybrat. (Foto: Istimewa)

Kontak senjata antara pasukan TNI dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terjadi di Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis (20/1/2022). Dalam peristiwa ini, ada empat prajurit yang tertembak dan seorang di antaranya gugur.

Baku tembak tepatnya terjadi di pertengahan Kampung Faan Kahiro dan Kampung Kamat Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat pukul 07.00 WIT.

Peristiwa kontak senjata terjadi di persimpangan Kampung Faan Kahiro dan Kamat di Distrik Aifat Timur.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVIII Kasuari Kolonel Arm Hendra Pesireron membenarkan bahwa insiden penembakan tersebut terjadi sekitar pukul 07.00 WIT saat lima anggota TNI AD Yon Zipur 20 PPA melintasi Distrik Aifat Timur, Maybrat.

“Benar ada serangan kelompok bersenjata terhadap lima anggota TNI AD di sekitar wilayah Distrik Aifat Timur, Maybrat,” ujar Kapendam.

Ia mengatakan bahwa dugaan sementara serangan tersebut dilakukan oleh kelompok bersenjata, namun hingga saat ini masih dilakukan pengumpulan data, keterangan, dan mengevakuasi korban.

Hendra Pesireron juga menjelaskan, kontak senjata Pasukan Gabungan Batalion Infantri 762/VYS dan Batalion Zeni Tempur 20/PPA dengan kelompok bersenjata terjadi di Kampung Faankahrio, Distrik Aifat Timur.

Kronologi Kejadian

KKB menyerang pasukan TNI dari Yon Zipur 20 Pawbili Pele Alang Sorong. Kronologi kejadian bermula saat anggota Zipur akan melaksanakan perbaikan Jembatan Serpas dari Kampung Faan Kahrio. Saat itu anggota diserang hingga terjadi kontak senjata.

Baca Juga: Matangkan Persiapan, Jadwal Pertandingan Persipura Mundur Dua Hari

”Saat itu mereka sedang karya bakti membangun dua jembatan atas permintaan Pemerintah Kabupaten Maybrat, agar para pengungsi dapat kembali ke kampung halaman masing-masing, menyusul kerusuhan di Kisor,” terang Hendra.

Berikut identitas korban :

  1. Serda Miskel gugur karena tertembak pada bagian perut sisi kanan.
  2. Serda Darusman luka tembak di bagian lengan kiri.
  3. Prada Aziz luka tembak pada tangan kanan.
  4. Prada Abraham tiga luka tembak pada paha kanan, pundak kanan dan lengan bagian kiri.

Sementara korban masih dalam penanganan medis di Puskesmas Aifat Kampung Kumurkek Distrik Aifat. Selanjutnya, korban kritis, yakni Prada Aziz dan Prada Abraham akan dievakuasi menggunakan helikopter menuju RSAL Kota Sorong.