Kontingen NPC Papua Kembali Raih Medali Emas di Hari Kedua Peparnas
beritapapua.id - regu para penahan Papua (tengah) kembali naik podium di Peparnas XVI. (foto: Jubi)

Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Papua kembali berhasil mengumpulkan medali emas di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI. Medali emas yang Kontingen NPC Papua dapatkan kali ini datang dari para panahan pada hari kedua perlombaan Peparnas XVI.

Para panahan Papua ini berhasil mengumpulkan tujuh emas dan satu medali perak dari 10 nomor pertandingan di Venue Panahan Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (8/11/21).

Kontingen NPC Papua mendapatkan medali emas para panahan dari nomor kualifikasi recurve putra, total kualifikasi recurve putri, total beregu recurve putra, total beregu recurve putri, total kualifikasi compound putra, total beregu compound putra dan total kualifikasi W1 putra.

Sedangkan satu-satunya medali perak datang dari nomor total kualifikasi W1 putri. Pencapaian tersebut telah melampaui target mereka di hari pertama pertandingan cabor para panahan. Di mana mereka sebelumnya hanya menargetkan tiga medali emas saja.

“Sebelumnya kita menargetkan tiga medali emas di hari pertama, tapi alhamdulillah hari ini kita bisa melampaui target,” kata salah satu pelatih panahan Papua, Bustam.

Pertandingan hari pertama cabor para panahan ini mempertandingkan sebanyak 28 nomor dari empat kategori divisi.

Menjadi Juara Umum

Ia berharap para panahan Papua bisa mengakhiri seluruh pertandingan di Peparnas XVI sebagai juara umum.

“Semoga kita bisa menjadi juara umum. Nomor Mix tim belum dipertandingkan dan kita juga optimis di situ. Dan mohon doanya agar kita eksis terus dalam perolehan medali emas,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus Aktif Covid-19 Kota Jayapura Tersisa Empat Orang

Ketua Umum NPC Papua, H. Jaya Kusuma mengaku, pencapaian para atletnya yang telah menghasilkan 33 medali emas hingga hari kedua pertandingan Peparnas XVI sudah sesuai ekspektasi.

“Hasil yang sudah diraih oleh atlet-atlet kita di beberapa cabang olahraga sampai hari ini masih sesuai ekspektasi. Kita berharap mereka bisa menambah lebih banyak medali emas lagi,” kata Jaya Kusuma.

Hingga hari kedua pertandingan Peparnas XVI, kontingen NPC Papua telah berhasil mengumpulkan total 33 medali emas. Dari total tersebut cabang olahraga para atletik berhasil meraih 10 medali emas, para renang meraih 6 medali emas. Sedangkan para panahan meraih 7 medali emas, serta para judo 2 emas dan para catur dengan raihan 8 medali emas.