Kontingen NPC Papua Kumpulkan 33 Medali Emas di Ajang Peparnas XVI
beritapapua.id - Ketua Umum NPC Papua, H. Jaya Kusuma. (foto: Seputarpapua)

Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Papua menjadi salah satu Kontingen terbaik di awal pertandingan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI. Sebab hingga hari kedua, total medali emas yang berhasil kontingen NPC Papua kumpulkan adalah berjumlah 33 keping.

Sebagai tuan rumah, kontingen NPC Papua tidak ingin melewatkan kesempatan untuk berjaya di rumah sendiri. Hal ini membuat para atlet Papua langsung memberikan performa terbaik demi memperoleh medali emas sebanyak-banyaknya.

Sejauh ini kontingen NPC Papua telah berhasil mengumpulkan 33 medali emas di Peparnas XVI yang baru bergulir selama dua hari. Masing-masing medali emas itu berasal dari cabang olahraga para atletik dengan 10 medali emas, para renang 6 medali emas, para panahan 7 medali emas, para judo 2 emas dan para catur dengan raihan 8 medali emas.

“Hasil yang sudah diraih oleh atlet-atlet kita di beberapa cabang olahraga sampai hari ini masih sesuai ekspektasi. Kita berharap mereka bisa menambah lebih banyak medali emas lagi,” mengutip dari Jubi, kata Ketua Umum NPC Papua, H. Jaya Kusuma, Senin (8/11/21).

Jaya Kusuma bahkan mengucurkan bonus Rp5 juta bagi para peraih medali emas perorangan dan Rp2 juta bagi peraih medali emas beregu. Bonus tersebut diberikan untuk memacu semangat para atlet yang baru akan bertanding pada hari ketiga dan seterusnya.

Baca Juga: Kontingen NPC Papua Kembali Raih Medali Emas di Hari Kedua Peparnas

“Tadi setelah kami berembuk dengan ketua kontingen dan bendahara, kami memberikan bonus. Itu spontanitas kami berikan untuk memacu atlet kita yang akan berjuang untuk memberikan hasil terbaik. Bonus ini berlaku untuk semua atlet kita di masing-masing cabor,” pungkasnya.

Untuk cabang olahraga para panahan dan para renang, medali emas yang mereka dapat di hari kedua ini sudah melampaui target mereka.

Perolehan Medali Melampaui Target

Pelatih para renang Papua, Johan Karubaba mengatakan, hasil yang telah dicapai oleh anak asuhnya sudah melebihi target di hari pertama perlombaan. Sebelumnya mereka hanya menargetkan lima medali emas.

“Di hari pertama ini kita hanya menargetkan lima medali emas. Tapi kita bisa dapat enam medali emas. Ini sudah hasil yang terbaik yang kita capai di hari pertama,” kata Johan.
Sementara, salah satu pelatih para panahan Papua, Bustam juga mengaku para panahan Papua hanya menargetkan 4 medali emas di nomor pertandingan hari ini.

“Bersyukur karena kita bisa mendapatkan enam medali emas, padahal sebelumnya kami hanya menargetkan empat medali emas saja,” kata Bustam.