Kontingen NPC Papua Menjadi Tim Terbaik di Cabor Para-renang Peparnas XVI
beritapapua.id - Ketua kontingen, Nikolaus Kondomo, bersama Ketua National Paralympic Committee (NPC) Papua, H. Jaya Kusuma. (foto: Jubi)

Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Papua menjadi salah satu tim terbaik di cabang olahraga para-renang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI yang berlangsung di Venue Akuatik, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (11/11/21).

Hal ini terlihat setelah Papua kembali menambah porelahan tujuh medali emas serta enam medali perak dan tujuh perunggu pada hari keempat.

Perolehan tersebut membuat kontingen Papua menjadi tim terkuat di cabang olahraga para-renang Peparnas XVI. Pasalnya, tambahan tujuh medali emas itu menggenapkan koleksi medali emas para-renang Papua menjadi 27 keping.

Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma mengatakan, sedari awal pihaknya memang mengunggulkan para-renang untuk mendulang medali emas, selain para-atletik.

Ia berharap para-renang bisa terus menyumbangkan medali emas dari nomor-nomor yang tersisa.

“Tadi atlet-atlet kita telah berhasil menambah tujuh medali emas lagi, dan kita memang berharap dari renang ini bisa terus menambah pundi-pundi emas untuk mendongkrak posisi kita terus di ajang Peparnas ini,” kata Jaya Kusuma kepada wartawan yang hadir.

Optimis Juara Umum

Ia juga optimistis kontingen NPC Papua bakal keluar sebagai juara umum di cabor para-renang Peparnas XVI.

“Saya sangat optimis jika melihat dari pencapaian mereka hingga hari keempat ini,” ujarnya.

Baca Juga: Jenderal Listyo Sigit: Berjuang Menuju Indonesia Bangkit dan Maju

Sementara itu, Ketua Kontingen NPC Papua, Nikolaus Kondomo juga menyatakan hal yang sama. Ia yakin para-renang Papua bisa terus menyumbangkan medali emas dari nomor yang tersisa.

“Kita berharap mereka bisa terus menambah pundi-pundi emas agar target kita di Peparnas XVI ini bisa tercapai,” kata Kondomo.

Di hari keempat ini, medali emas disumbangkan oleh Temu Maulati dari nomor 200 meter gaya bebas putri kelas S12, Agnes Jowei nomor 50 meter gaya dada putri kelas S8-S9 sekaligus rekor nasional S9, Karolina Wanggai nomor 50 meter gaya dada putri kelas S10, Temu Maulati nomor 50 meter gaya kupu-kupu putri kelas S12, Katrina Waney nomor 50 meter gaya kupu-kupu putri kelas S14, Flora Awoitauw nomor 100 meter gaya punggung putri kelas S13, dan De Jhon Waromi di nomor 100 meter gaya punggung putra kelas S12.