Kontingen NPC Papua Meraih Medali Emas di Hari Keempat Peparnas XVI
beritapapua.id - Pertandingan Cabor Judo hari ke-empat Peparnas XVI. (foto: istimewa)

Kontingen NPC Papua sementara mengumpulkan delapan medali emas dari cabor judo di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021. Kontingen NPC Papua berhasil meraih tambahan medali emas tersebut setelah berhasil menjadi tim terbaik pada hari keempat Peparnas XVI Papua 2021.

Sebelumnya, Papua mengumpulkan 6 medali emas. Tambahan dua medali emas berlangsung di GOR Trikora, Kota Jayapura, Kamis (11/11/2021).

Tambahan dua medali emas tersebut berasal dari Maemunah di kelas – 70 kg putri dan Disiana bin Syarifudin di kelas + 70 kg putri.

Pejudo Maemunah yang bertemu dengan pejudo dari Kalsel bernama Annisah Anindya berhasil memenangkan pertandingan. Dengan kemenangan tersebut Maemunah berhasil memberikan medali emas kepada kontingen NPC Papua.

Sedangkan Disiana bin Syarifudin yang bertemu dengan Yuliana Marica Keyn (Jatim) juga berhasil meraih kemenangan dan berhasil menambah perolehan medali emas. Sementara itu Yuliana memperoleh perak dan Maria Cindi Leonita pejudo asal (DKI) meraih medali perunggu.

Peraih Medali Emas di Hari Ketiga

Pada hari pertama hingga hari ketiga, Papua meraih enam medali emas. Masing-masing Yovan Rate Azis di kelas 50 kg putra, Junaedi kelas 55 kg putra, Tri Setiani kelas 57 kg, Nurul Fadilah kelas 63 kg putri, Saul Nikodemus Yandewoa kelas 73 kg putra.

Maemunah setelah pertandingan mengatakan medali emas yang ia dapatkan ternyata di luar target. Karena Maemunah sendiri memang baru pertama kali mengikuti Peparnas XVI.

Baca Juga: Tim Sepak Bola CP Papua Melangkah Maju ke Babak Final Peparnas XVI

“Saya sebenarnya sekedar mencoba ikut Peparnas. kalau menang ya syukur, kalau kalah pun tak apa-apa. Tapi Alhamdulillah saya berhasil,” tutur Maemunah.

“Medali emas ini saya persembahkan untuk pemerintah dan warga Papua, yang mendukung saya. Juga untuk anak-anak dan suami saya,” ucapnya bangga.

Sementara itu, Pelatih Tim Judo Papua Ahmad Bahar mengatakan pihaknya menargetkan lima medali emas di Peparnas XVI Papua. Tapi hasil sementara delapan medali emas.

“Kami sudah lampaui target, berkat dukungan tim offisial dan doa restu warga Papua,” tukasnya.

Cabor judo masih berlangsung hingga Sabtu (13/11/2021), diikuti 13 provinsi dengan jumlah 20 nomor putra dan putri memperebutkan 112 medali dengan rincian 28 emas, 28 perak dan 56 perunggu.