Kontingen Papua Targetkan 173 Medali Emas di Peparnas XVI Papua
beritapapua.id - Ketua NPC Papua, Jaya Kusuma. (foto: Jubi)

Ketua NPC Papua, Jaya Kusuma mengatakan bahwa Kontingen Papua menargetkan 173 medali emas pada Pekan Paralimpiade Nasional atau Peparnas XVI Papua 2021.

Hal ini yang ungkapan saat menghadiri pembukaan bimbingan teknis relawan dan LO Peparnas XVI Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Kamis (21/10/2021).

Jaya Kusuma mengatakan target 173 medali emas diharapkan akan diraih para atlet Papua yang bertanding dan berlomba dalam 12 cabang olahraga Perpanas XVI.

Peparnas XVI Papua akan berlangsung di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura pada 2 – 15 November 2021, dengan 641 nomor perlombaaan/pertandingan.

Ia juga menjelaskan bahwa target 173 medali emas itu lebih tinggi dibandingkan pencapaian Kontingen Papua pada Peparnas XV Jawa Barat 2016. Karena saat itu, Kontingen Papua meraih posisi ke-5, dengan torehan medali sebanyak 79 medali.

“Sekarang sebagai tuan rumah. Pada Peparnas XV di Jawa Barat 2016, kami berada di posisi 5. Waktu itu atlet Papua hanya ikut tujuh cabang olahraga,” ungkapnya.

Menampilkan Performa Terbaik

Jaya juga mengatakan para atlet paralimpiade Papua akan bisa menampilkan performa terbaik khusunya di dua cabang olahraga utama, yaitu renang dan atletik.

“Nah sekarang ini kita tuan rumah. Kami akan berusaha, karena ini tanah kita. Saya hanya wanti-wanti di dua cabor ini. Sebab renang itu 45 medali emas, kemudian atletik 65 medali. Kami ingin memperbaiki posisi peringkat prestasi,” katanya.

Baca Juga: Kesuksesan Peparnas XVI Papua Jadi Tanggung Jawab Semua Pihak

Sementara itu, Ketua Harian PB. Peparnas XVI Papua, Doren Wakerkwa mengatakan keberhasilan atlet Papua dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua juga bisa diikuti para atlet Papua yang berkompetisi dalam Peparnas, dan Papua akan mencetak sejarah baru dengan Peparnas XVI Papua.

“Tidak ada kendala, tidak ada masalah juga. Artinya masalah tidak ada, kendala tidak ada, rintangan tidak maka kita mengukir sejarah baru bagi bangsa ini” ujarnya.

Ia juge mengatakan bahwa keberhasilan Papua dalam menyelenggarakan Peparnas XVI ini akan menjadi contoh bagi provinsi lain di Indonesia.

“Empat tahun ke depan PON maupun Peparnas di Aceh. Mereka akan tiru dari kita, pola apa yang di pakai di Papua, pasti tiru dari kita,” katanya.

Wakerkwa meminta dukungan semua pihak untuk menyukseskan Peparnas dengan menciptakan kondisi tetap aman dan kondusif. Ia ingin para atlet disabilitas dari seluruh Indonesia akan merasakan Papua yang ramah disabilitas dan ramah lingkungan.

“Mereka pulang menceritakan yang luar biasa di Papua itu artinya Papua luar biasa,” ujarnya.