Kota Ambon Masuk Zona Merah Covid-19
beritapapua.id - Kota Ambon Masuk Zona Merah Covid-19 - MalukuTerkini

Pemerintah menetapkan wilayah kota Ambon sebagai satu-satunya kota/kabupaten di Provinsi Maluku sebagai wilayah zona merah (Red Zone) penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Penetapan ini disampaikan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, dalam rilisnya yang menyebutkan terdapat sebanyak 282 kabupaten/kota di Indonesia  sudah masuk dalam zona merah Covid-19.

Ketua Harian Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, di Sekretariat Gustu Provinsi, lantai 6 Kantor Gubernur Maluku, Senin (27/4/2020) mengatakan, rilis dari Kemenkes ini sudah diperoleh pihaknya.

Menurut Selang, di Provinsi Maluku, kota Ambon adalah satu-satunya yang masuk zona merah penyebaran Covid-19. Sementara Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat berada di zona kuning. Dan kabupaten lainnya berada di zona hijau.

Dengan penetapan ini, kata Kasrul, sudah jelas transportasi dari zona kuning ke zona kuning masih dimungkinkan, namun dari zona merah ke kuning atau ke zona hijau tidak dibolehkan lagi, kecuali dilakukan perlakuan-perlakuan khusus. Termasuk penerbangan ke Ambon juga tidak bisa lagi dilakukan.

Baca Juga: Satu Lagi Mahasiswa Asal Buru Positif Corona

Tingkat Penanganan dan Kewaspadaan Berdasarkan “Warna” Zona

Seperti diketahui, status identifikasi wilayah terpapar virus corona terbagi ke dalam beberapa zona, yakni zona merah, oranye, kuning dan hijau. Status tersebut pun mempengaruhi tingkat penanganan dan kewaspadaan dalam menghadapi wabah global ini.

Kode zona dengan warna berbeda-beda ini digunakan untuk memantau dan merespons penanganan wabah di wilayah terpapar. Pembagian zona ini harus tepat dan tidak boleh sembarangan. Pasalnya, zona dari setiap wilayah akan menentukan tindakan pemeriksaan hingga pembatasan perjalanan ke wilayah lain. Dengan demikian, upaya penanganan yang dilakukan bisa lebih efektif dan tepat sasaran.

Dalam kasus pandemi virus corona, zona merah berarti pandemi yang ada dalam suatu wilayah sudah tidak terkendali. Untuk meminimalisir penyebaran, upaya yang bisa dilakukan adalah menerapkan upaya pada zona oranye dan menangguhkan kegiatan belajar mengajar atau sekolah, ibadah yang melibatkan kerumunan dan kegiatan bisnis.

Kemudian membatasi perjalanan ke luar kecuali yang mendesak dan penting. Lockdown dan karantina. Fasilitas pelayanan harus terpisah untuk kasus infeksi dari layanan kesehatan lainnya, dan membuat berbagai tingkat rumah sakit untuk memisahkan dan menangani kasus dengan tingkat keparahan berbeda.