Kota Manokwari
Beritapapua.id - Kota Manokwari, Keindahan Menakjubkan di Tanah Papua Barat

Ulasan kali ini akan mengajak Anda untuk membayangkan betapa indahnya kota Manokwari sehingga Anda akan menjadikannya salah satu tujuan destinasi wisata di Papua.

Manokwari, terletak di Papua Barat, kota ini mendapatkan julukan sebagai Kota Injil dan Kota Buahnya Papua. Diberikan julukan Kota Injil dikarenakan Injil pertama kali singgah di kota ini lebih tepatnya di Pulau Mansinam. Dan diberikan julukan sebagai Kota Buah karena, Manokwari merupakan kota penghasil buah terbesar di Papua dengan beraneka ragam buah yang dimilikinya.

Jika sudah saatnya musim buah, maka di jalan-jalan, emperan toko ataupun pasar tradisional akan banyak dijumpai buah-buah segar. Buah yang banyak ditemukan di Manokwari antara lain durian, rambutan, langsat, mangga, alpukat, matoa dll.

Baca juga: Konsultan Sistem Manajemen Kompetensi dan Manfaatnya

Kota Manokwari terdiri dari perbukitan yang menyajikan panorama untuk dinikmati oleh turis lokal ataupun mancanegara, panorama tersebut antara lain:

1. Panorama Bukit Manggoapi Kota Manokwari

Panorama ini terletak di puncak bukit Manggoapi dan sangat mudah untuk dijangkau karena tepat berada di pinggir jalan raya Manokwari menuju Universitas Papua. Dari puncak bukit ini anda dapat menikmati bentangan alam Manokwari, Teluk Doreri, dan juga pegunungan Arfak yang luar biasa.

2. Panorama Bukit Brawijaya Kota Manokwari

Terletak di Timur Manokwari daerah Brawijaya, tepatnya di kediaman Bupati Manokwari. Sangat direkomendasikan ke bukit ini kala senja hari untuk menikmati terbenamnya sang surya. Juga bisa melihat pemandangan Teluk Sawaibu dengan bentangan Pelabuhan Manokwari yang indah.

3. Panorama Bukit Saribo

Hanya berjarak 15 menit dari kota Manokwari ke arah selatan. Panorama ini termasuk baru dan belum terkenal di Manokwari. Untuk menuju tempat ini kita banyak melewati jalan menanjak dan harus ekstra hati-hati. Tetapi, semua itu terbayarkan ketika sampai diatas bukit, kita dapat menyaksikan indahnya Manokwari. Dari bukit ini Anda bisa melihat pemandangan Gunung Meja dan Pasar Wosi juga beberapa sudut kota Manokwari beserta kesibukannya.

4. Panorama Sowi Gunung

Banyak warga Manokwari merekomendasikan tempat ini, letaknya di depan kantor Bupati/kantor DPRD Kabupaten Manokwari. Pemandangannya bisa dibilang komplit, Anda dapat melihat pemandangan Gunung Meja dan Pulau Mansinam. Jika berkunjung di waktu subuh disinilah tempat terbaik untuk melihat terbitnya sang surya.

5. Panorama Bukit Arfai

Lokasi ini terletak di Kantor Gubernur Papua Barat dan berjarak 30 menit dari Manokwari. Kantor Gubernur ini memiliki taman yang luar biasa indah, kabarnya kantor ini adalah kantor Gubernur termegah di Indonesia dikarenakan arsitektur gedungnya yang unik. Dari kantor ini kita juga bisa melihat indahnya pegunungan Arfak.

Manokwari adalah kota yang wajib dikunjungi bagi Anda untuk menikmati keindahan dari panorama perbukitan dengan udaranya yang sejuk, atau hanya sekedar berswafoto.