KPU Papua Menunda Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Boven Digoel
Beritapapua.id - KPU Papua Menunda Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Boven Digoel - Liputan6

 KPU Papua Menunda Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Boven Digoel – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menunda pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua. Menyusul hasil  sebagaimana hasil rapat pleno pada Senin (7/12/2020) malam, dengan keputusan pelaksanaan Pilkada 2020 di Boven Digoel yang tinggal tiga tahapan ditunda. Hingga proses sengketa yang diajukan pasangan Yusak Yaluwo-Yacob Waremba selesai dan mendapat putusan yang berkekuatan hukum tetap.

“Jadi kami sudah menggelar pleno, dan memutuskan untuk menunda Jadwal Pemungutan Suara, Penghitungan dan Rekapitulasi untuk Pilkada Boven Digoel,” Anggota KPU Provinsi Papua Melkianus Kambu mengutip dari Antara

Penyelenggaraan Pilkada yang seharusnya diselenggarakan pada 9 Desember 2020, tersebut harus mengalami penundaan. Namun terkait berapa lama waktu penundaan tersebut dilakukan, KPU belum menetapkan jadwal-nya. Saat ini Pihak KPU Papua masih menunggu hasil sengketa di Bawaslu sebelum diplenokan lagi untuk jadwal tiga tahapan yang tertunda.

“Adapun penundaan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel sebagaimana Keputusan KPU Papua Nomor 104 tertanggal 7 Desember 2020, juga menyatakan penundaan pelaksanaan Pilkada Boven Digoel dilakukan sampai dengan ditetapkan-nya Keputusan Bawaslu Boven Digoel atau putusan peradilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap,” jelas Mellkianus.

Lebih lanjut terkait keputusan ditundanya Pilkada Kabupaten Boven Digoel, maka pengadaan atau pendistribusian perlengkapan pemungutan suara di TPS dan dukungan perlengkapan lainnya di TPS, PPS dan PPK dihentikan. Selain itu KPU juga melakukan penghentian sementara terhadap masa kerja anggota PPK, PPS dan KPPS.

Baca Juga: Ratusan Personel Brimob Diterjunkan Untuk Amankan Pilkada Papua

KPU Pusat Telah Mempertimbangkan Penundaan Pilkada Boven Digoel

KPU Papua Menunda Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Boven Digoel
Beritapapua.id – KPU Papua Menunda Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Boven Digoel – RMOL

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum RI (KPU RI) sebelumnya telah mempertimbangkan  penundaan Pilkada Boven Digoel. Jika sengketa yang belum selesai sampai hari pemungutan suara.

Ketua KPU, Arief Budiman, mengatakan permasalahan di Pilkada Boven Digoel berkaitan dengan proses pencalonan kepala daerah. Kalau memang sengketa diperkirakan tidak bisa selesai sampai 9 Desember. Maka KPU akan mempertimbangkan melakukan penundaan khusus di Kabupaten Boven Digoel.

Menurut Arief perkembangan Pilkada Kabupaten Boven Digoel masih terus berlangsung. Seperti, logistik pemilihan sudah selesai diproduksi dan dikirimkan ke Kabupaten Boven Digoel. Nnamun logistik yang memuat nama pasangan calon memang belum dikirimkan.

“Kalau produksi surat suara, misalnya, kemampuan pabrik itu mungkin satu jam bisa selesai proses produksinya itu, jadi sangat cepat. Tapi memang kami minta lakukan penundaan (proses produksi) karena sedang ada sengketa, nah mudah-mudahan bisa selesai dengan cepat,” ujar Arief.