Laga Penentu Keluar Zona Degradasi, Persipura Hadapi PSM Makassar
beritapapua.id - Ilustrasi Persipura Jayapura melawan PSM Makassar. (Foto: Istimewa)

Persipura Jayapura akan melakoni laga berat menghadapi PSM Makassar pada laga lanjutan BRI Liga 1 2021 yang akan berlangsung Kamis (10/3/22).

Laga tersebut bisa dibilang akan menentukan harapan tim Mutiara Hitam untuk meloloskan diri dari zona degradasi. PSM Makassar bakal memberikan perlawanan yang sulit bagi Persipura. Pasalnya, tim Juku Eja juga sedang berjuang untuk mendongkrak posisi mereka di papan klasemen.

Selain itu, PSM juga belum terkalahkan dalam tiga laga terakhir mereka di Liga 1. Teranyar, mereka baru saja mendapatkan kemenangan penting atas PSIS Semarang. Namun yang perlu digaris bawahi, sebelum mengalahkan PSIS, PSM juga punya tren buruk.

Mereka tak bisa mencetak gol dalam enam laga secara beruntun. Persoalan yang sama juga dialami Persipura. Meski belum menelan kekalahan dalam dua laga terakhir, namun tim Mutiara Hitam juga masih kesulitan mencetak gol.

Yustinus Pae dan kolega wajib mengamankan tiga poin atas PSM jika ingin menjaga asa mereka untuk lolos dari degradasi. Pasalnya, sehabis menghadapi PSM, Persipura akan mendapatkan tantangan berat di empat laga terakhir melawan Bhayangkara FC, PSIS Semarang, PSS Sleman, dan Persita Tangerang.

Rekor Pertemuan Seimbang

Rekor pertemuan Persipura dengan PSM dalam 12 pertandingan juga cukup seimbang. Sejak tahun 2014, Persipura bisa memenangkan duel sebanyak tiga kali, menelan tiga kekalahan dan enam kali imbang. Pada putaran pertama lalu, Persipura juga sanggup menahan PSM dengan skor imbang 1-1 pada 27 November 2021 lalu.

Angel Alfredo Vera menyadari kelemahan timnya ada pada penyelesaian akhir.

“Finishing kita kurang tenang dan kita kurang beruntung dalam mencetak gol,” kata Alfredo Vera.

Baca Juga: Kapolresta Jayapura : Pembubaran Massa Unjuk Rasa Sesuai Prosedur

Ia berharap, tekad yang kuat untuk bisa selamat dari degradasi bisa melipatgandakan motivasi mereka untuk bisa mendapatkan kemenangan. Apalagi ia sangat berharap timnya bisa mempersembahkan tiga poin sebagai kado HUT Kota Jayapura.

“Kita harus bekerja keras dan berjuang di laga yang masih tersisa untuk kita bisa keluar dari zona degradasi. Kita selalu ingin memberikan yang terbaik di setiap pertandingan, dan semoga lawan PSM kita bisa mendapatkan kemenangan untuk Kota Jayapura,” ujar Vera.

Yustinus Pae yang menyandang ban kapten Persipura dalam dua laga terakhir juga menegaskan jika ia dan rekan-rekannya akan berjuang keras hingga kompetisi selesai.

“Kami di sini akan berjuang hingga pertandingan terakhir, kami mohon dukungan doa dari seluruh pecinta Persipura dimanapun berada, karena itu akan menjadi kekuatan bagi kami,” kata pemain yang akrab disapa Tipa itu.

Saat ini, Persipura masih tertahan di peringkat ke-16 dengan mengoleksi 26 poin. Mereka hanya terpaut satu poin dari Barito Putera di peringkat ke-15. Tapi, Persipura masih unggul satu pertandingan.