Lagu Dan Tarian Sajojo
Lagu Dan Tarian Sajojo, Lagu Energik Asal Papua

Salah satu lagu dan tarian energik yang dapat membuat orang bahagia serta ikut bergoyang saat mendengarkan lagu asal Bumi Papua ini berjudul Sajojo, siapa yang tidak pernah mendengar kata Sajojo? Sajojo bukan hanya sering dinyanyikan oleh orang banyak namun Sajojo pun sering disuguhkan dalam bentuk tarian.

Sajojo ini bisa dinyanyikan dan ditarikan oleh berbagai jenis kalangan, baik pria maupun wanita, tua maupun muda, karena Sajojo ini termasuk Lagu dan Tarian pergaulan.

Lagu Sajojo

Sajojo, sajojo
Yumanampo misa papa
Samuna muna muna keke
Samuna muna muna keke….

Lagu dan Tarian Sajojo

Lagu dan tarian sajojo sering dijadikan penampilan diberbagai acara, baik acara adat, budaya, maupun sekadar hiburan saja. Sajojo sangat terkenal di Papua, Indonesia bahkan sudah sampai ke mancanegara karena sering dibawakan untuk promosi pariwisata kenegaraan.

Jika Pepatah mengatakan, “Tak Kenal Maka Tak Sayang” mari kita bahas apa arti Sajojo.

Baca juga terkait Lagu Dan Tarian Sajojo: Rok Rumbai, Ciri Khas Pakaian Adat Wanita Daerah Papua

“Sajojo” adalah lagu yang menceritan tentang sebuah kisah perempuan cantik dari desa. Perempuan yang dicintai ayah dan ibu berikut para laki-laki desa. Perempuan yang didamba laki- laki untuk bisa berjalan-jalan bersamanya. Meskipun gerakan tari ini tidak terlalu menggambarkan lirik lagu tersebut, namun iramanya yang penuh keceriaan dalam lagu tersebut sangat cocok dengan gerakan Tari Sajojo yaitu dengan meloncat, bergerak ke depan, ke belakang, ke kiri maupun ke kanan dengan ritme dan ketegasan gerak yang tentunya setiap penari mengupayakan kesamaan gerak dengan penari lainnya supaya terlihat kompak.

Kostum untuk kesenian Sajojo biasanya merupakan busana tradisional yang terbuat dari akar atau daun. Namun, seiring dengan adanya perkembangan, ada juga yang mengkreasikan kostum ini dengan kain agar terlihat lebih menarik. Selain itu, penari juga dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti penutup kepala, kalung dan lukisan tubuh bercorak etnis khas Papua. Dalam perkembangannya, Lagu ini merupakan lagu daerah Papua yang juga digunakan untuk mengiringi senam di tanah Papua bahkan di seluruh tanah air Indonesia.

Sajojo masih terus dilestarikan dan dikembangkan sampai sekarang. Bermacam-macam kreasi dan variasi juga sering ditambahkan disetiap pertunjukan, baik dalam segi gerak maupun kostum para penari, agar terlihat lebih menarik namun tidak meninggalkan ciri khas dan keasliannya.