Lama Menikah Siri, Rachel Maryam Daftarkan Pernikahan Secara Hukum
beritapapua.id - Lama Menikah Siri, Rachel Maryam Daftarkan Pernikahan Secara Hukum - Kumparan

Rachel Maryam bersama sang suami Edwin Aprihandono, dikabarkan telah mengajukan permohonan isbat pernikahan di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Senin 3/8/2020. Dari pernyataan pengacara mereka Dody Haryanto, mengungkap alasan kliennya ingin pernikahan yang selama 9 tahun tersebut diakui secara negara. Sekedar diketahui, Rachel dan Edwin sudah menikah secara siri pada 16 Desember 2011.

Cece Rukmana selaku Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, menyampaikan beberapa persyaratan administrasi terkait pengajuan isbat nikah, di antaranya adalah foto copy KTP pemohon satu dan dua, dan ada pula dokumen lainnya.

“Kalau status dia itu duda atau janda ada bukti perceraian dari pengadilan agama bahwa ada akta cerai dan salinan putusan. Selanjutnya yaitu bukti surat bahwa pernikahan tidak tercatat di KUA kecamatan tempat tinggal mereka berduaā€¯ Cece menjelaskan.

Di tempat yang berbeda, Rachel Maryam yang dihubungi via telepon menjelaskan sudah mengajukan permohonan itu sejak 10 hari lalu. Pada saat diajukan sidang tersebut Rachel tidak hadir dikarenakan kondisi pandemi covid-19, apalagi sekarang ini Rachel Maryam sedang hamil. Selain itu, Rachel Maryam juga mengaku bahagia lantaran pernikahannya sudah sah di mata hukum.

Baca Juga: Berbagai Fasilitas Mewah Ratu Elizabeth II Saat Travelling

Akibat Wabah Pandemi, Rachel Tidak Dapat Menggelar Acara Pengajian 4 Bulanan

Menjalani kehamilan di tengah pandemi COVID-19 ini bukan hal yang mudah untuk dijalani. Pasalnya, Rachel sendiri harus memutar otak agar bisa menggelar pengajian untuk kehamilannya yang sudah bulan keempat.

“Tadinya sebelum COVID pastinya mau ada pengajian di rumah panggil anak yatim, kalau COVID, enggak mungkin dilakukan,” ujar Rachel Maryam.

Walau demikian, ia tetap akan mendoakan bayi yang ada di kandungannya. Selain itu, ia juga meminta doa pada anak-anak yatim, meski tak harus datang ke rumahnya.

Diketahui, butuh Butuh waktu 8 tahun lebih bagi Rachel agar bisa mendapat momongan setelah pernikahannya dengan Edwin. Meski usianya sudah menginjak 40 tahun, Rachel tetap bersyukur bisa kembali hamil.

Sebelumnya, Dari pernikahan pertamanya dengan Muhamad Akbar Pradana pada 2005, Rachel dikaruniai anak laki-laki bernama Muhammad Kale Mata Angin. Kini, Kale pun tinggal bersama Rachel dan suami.

Kehamilan Rachel kali ini adalah hasil dari program bayi tabung ketiga yang dijalaninya. Ia pernah gagal dua kali menjalani program tersebut beberapa tahun lalu. Meskipun begitu ia tetap bersabar hingga lebih dari 8 tahun untuk memperoleh keturunan, namun Rachel mengaku tidak pernah putus asa.