Laskar FPI Terlibat Baku Tembak Dengan Polisi
Beritapapua.id - Laskar FPI Terlibat Baku Tembak Dengan Polisi - Detik

Laskar FPI Terlibat Baku Tembak Dengan Polisi – Pada Senin (7/12), pukul 00:30, terjadi insiden baku tembak di tol Jakarta-Cikampek. Insiden ini melibatkan pengikut Rizieq Shihab, pemimpin Front Pembela Islam (FPI) dengan pihak kepolisian.  Dalam insiden ini, sebanyak 6 laskar FPI (sebutan untuk pengikut Rizieq Shihab) tewas.  Sementara tidak ada yang terluka dari pihak kepolisian.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menjelaskan bahwa kejadian ini terjadi di KM 50 tol Jakarta-Cikampek. Saat itu polisi sedang melakukan penyelidikan lanjutan terkait rencana pemeriksaan Rizieq Shihab.

“Berawal info ada pengerahan massa ada saat MRS dilakukan pemeriksaan di Polda Metro Jaya dari berbagai sumber, termasuk rekan media mungkin dengar berita melalui WAG bahwa ada pengerahan massa dan mengawal pemeriksaan MRS,” kata Fadil, Senin (7/12), seperti yang dikutip dari detik.

Melalui informasi tersebut, tim Polda Metro pun kemudian turun untuk melakukan penyelidikan. Namun tim Polda Metro justru mendapatkan hadangan dari laskar FPI. Tidak hanya itu, laskar FPI pun kemudian melakukan penyerangan terhadap tim Polda Metro dengan menggunakan senjata tajam dan senjata api.

Tim Polda Metro pun kemudian bereaksi dengan melakukan tindakan tegas untuk melumpuhkan para penyerang.

“Anggota yang terancam keselamatan jiwanya karena diserang kemudian melakukan tindakan tegas dan terukur sehingga terhadap kelompok yang diduga pengikut MRS yang berjumlah 10 orang, meninggal dunia sebanyak 6 orang,” ujar Fadil.

“Saya ulangi terhadap kelompok MRS yang melakukan penyerangan anggota dilakukan tindakan tegas dan meninggal dunia sebanyak 6 orang,” sambungnya.

Selain 6 laskar FPI yang tewas, masih ada 4 lain yang melarikan diri. Pihak kepolisian pun sedang melakukan pengejaran terhadap para penyerang tersebut.

 Baca Juga: Ribuan Putra-Putri Papua Jalani Tes Rekrutmen BUMN 2020

Pangdam Dukung Polisi

Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman menyatakan dukungannya terhadap ketegasan polisi terhadap laskar FPI yang melakukan penyerangan.

“Kodam Jaya akan memberikan bantuan kamtibmas, bantuan hukum. Kami mendukung seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya,” ujar Dudung di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (7/12), seperti yang dikutip dari tempo.

Dudung pun secara tegas meminta Rizieq Shihab untuk mengikuti ketentuan yang berlaku. Ia mengultimatum Rizieq agar mengikuti seluruh prosedur pemeriksaan terkait kasus yang menjeratnya.