Lawan Corona, Bupati Bintuni Sumbangkan 6 Bulan Gaji dan Tunjangan
beritapapua.id - Lawan Corona, Bupati Bintuni Sumbangkan 6 Bulan Gaji dan Tunjangan - ArfakNews

Bupati Teluk Bintuni, Papua Barat, Ir. Petrus Kasihiw, MT, menghibahkan gaji dan tunjangannya selama 6 bulan ke depan sebagai dana penanganan covid-19 di daerahnya. Keputusan tersebut merupakan kebijakannya sendiri dalam rangka menjamin keselamatan dan kesejahteraan warganya di tengah wabah virus corona.

“Jadi, tunjangan operasional biasanya saya terima per-triwulan, maka mulai enam bulan berikut saya tidak menerimanya lagi. Kalau pak wakil bupati saya belum tahu pasti, nanti beliau pasti mengambil kebijakan sendiri,” Jelas Petrus dalam keterangan tertulisnya.

Gaji dan tunjangan yang ia hibahkan langsung diterima oleh Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Teluk Bintuni untuk kemudian dimanfaatkan dalam program penanggulangan virus corona. Menurut Bupati, solidaritas merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam perang melawan corona.

Mengajak masyarakat untuk membangun solidaritas tak cukup hanya disampaikan lewat imbauan semata. Menurut Bupati yang akrab disapa Pak Piet ini, solidaritas pula harus ditunjukkan lewat perilaku, sebagaimana bentuk solidaritas yang ia lakukan. Ia berharap agar masyarakat serta Organisasi Perangkat Daerah (ODP) mampu ikut membantu.

Bantuan warga tak mesti berupa menyisihkan sebagian dana, namun bersikap kooperatif dan taat pada aturan pemerintah merupakan salah satu bentuk rasa tanggung jawab warga dan solidaritas terhadap sesama. Bupati hendak mengembalikan keputusan warga dalam membantu kepada masing-masing pihak. Menurutnya, tidak ada paksaan ihwal rasa solidaritas tersebut.

“Kepada pimpinan OPD, ada anggarannya dan kita tidak bisa memaksakan untuk menyumbangkan gaji, karena mereka juga ada tanggung jawab. Jadi semua bekerja, Kepala OPD, Pak Wakil dan Sekda sama-sama memiliki tanggung jawab untuk melayani masyarakat, tidak boleh ada yang tinggal di rumah saja atau meninggalkan tugas,” ujarnya.

Lawan Corona, Bupati Bintuni Sumbangkan 6 Bulan Gaji dan Tunjangan
beritapapua.id – Lawan Corona, Bupati Bintuni Sumbangkan 6 Bulan Gaji dan Tunjangan – Suara Papua

Baca Juga: Meski Tertekan, Industri Migas Terus Jalan dan Tak PHK Karyawan

Solidaritas Tak Hadir Secara Instan

Bupati Teluk Bintuni menggaungkan semangat solidaritas kepada warganya. Sebelumnya, Bupati turun langsung dalam sejumlah aksi kemanusiaan. April lalu, beliau memimpin langsung penyemprotan disinfektan di permukiman warga, serta rumah-rumah ibadah bersama sejumlah relawan.

Penyemprotan disinfektan dilakukan di Gedung GKI Jemaat Ebenheser SP 5 Argosimerai, Masjid Al-Muttakin Kampung Lama, Masjid Kampung Nelayan, Gedung Gereja Santo Nikolaus Km 5, Gedung GKI Jemaat Sion Km 5 Kampung Wesiri, Gereja Pantekosta Km 3, Gereja Santo Johanes Bintuni, dan Gereja Via Dolorosa.

“Jadi apa pun yang kita buat tujuannya untuk membantu pemerintah dan masyarakat Teluk Bintuni. Waktunya kita kerja, tidak usah berpolemik, berdebat hal-hal yang tidak penting. Sekarang situasi dalam kondisi rawan. Karena itu, kita mau selamatkan masyarakat serta daerah kita dari pandemi covid-19!” tegas Ir. Petrus Kasihiw, Bupati Teluk Bintuni.

Melalui sejumlah imbauan, diharapkan muncul solidaritas dari warga mampu menjadi buah manis perlawanan masyarakat Bintuni terhadap wabah corona. Minimal mematuhi amanat serta imbauan pemerintah.