Legenda Sepak Bola Diego Maradona Meninggal Dunia
Beritapapua.id - Legenda Sepak Bola Diego Maradona Meninggal Dunia - Okezone

Legenda Sepak Bola Diego Maradona Meninggal Dunia – Diego Maradona, mantan pemain sepak bola Argentina dikabarkan telah meninggal dunia di Buenos Aires, Argentina pada hari Rabu 25/11/2020. Agen Maradona, Matias Morla, membenarkan kabar meninggalnya Maradona kepada EFE. Tiga hari setelah merayakan ulang tahun ke-60 pada 30 Oktober, Maradona dilarikan ke rumah sakit. Maradona didiagnosa mengalami pembekuan otak dan harus menjalani operasi mendadak.

Kabar meninggalnya Maradona awalnya dilansir koran Argentina Clarin. Menurut berita Clarin, Maradona, yang membawa Argentina meraih Piala Dunia 1986, meninggal karena serangan jantung. Penggemar dan tokoh sepak bola dunia, seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo turut mendoakan Maradona melalui media sosialnya masing-masing.

Messi yang kerap dijuluki titisan Maradona, merasa sangat berduka dan kehilangan sang legenda. Diketahui pada tahun 2008-2010 Messi pernah merasakan pelatihan dari Maradona di timnas Argentina dan FC Barcelona.

“Sebuah hari menyedihkan untuk semua rakyat Argentina dan bagi dunia sepak bola. Dia meninggalkan kita, tetapi tidak akan menghilang, karena Diego itu abadi,” ketik Messi di akun Instagram.

Tak seperti Messi meski tak pernah bersinggungan langsung, namun Cristiano Ronaldo juga merasa terpukul dengan kepergian Maradona. Ronaldo mengungkapkan kesedihan lewat media sosialnya.

“Hari ini saya mengucapkan selamat tinggal kepada seorang teman dan dunia mengucapkan selamat tinggal kepada seorang jenius yang abadi,” tulis Ronaldo di akun Twitter pridadinya.

Baca Juga: Menko PMK Mengadakan Kunjungan Kerja Ke Papua

Awal Perjalanan Karier El Diego

Karier profesionalnya sebagai pesepak bola profesional berawal dari klub Argentinos Juniors. Berkostum Argentinos Juniors selama 5 tahun (1976-1980) dan mencetak 116 gol dari 166 laga. Selanjutnya,Diego Maradona hijrah ke Boca Juniors selama satu musim di mana dirinya mencetak 28 gol dari 40 laga.

Maradona saat itu memiliki perjalanan karier yang berliku, ia sempat sukses menjadi ikon sepak bola dunia. Namun kariernya juga pernah  tersungkur ketika menemani Argentina di final Piala Dunia 1990 di Roma. Karena obat-obatan terlarang Maradona gagal melewati tes doping pada 1991. Dia juga terbukti positif menggunakan narkoba di Piala Dunia 1994 yang berujung pelarangannya tampil.

Tahun 2000 Maradona dilarikan dilarikan ke rumah sakit di Uruguay akibat masalah jantung. Dari hasil tes memperlihatkan pria kontroversial itu positif menggunakan kokain, setelah itu ia menjalani rehabilitasi di Kuba.

Pada mei 2007, Maradona yang terlihat klimis bertekad untuk bugar dan bersih dari obat-obatan terlarang. Pada penampilan pertamanya di depan publik sejak dilarikan ke rumah sakit akibat ketergantungan alkohol serta mengidap hepatitis. Maradona mengatakan impiannya adalah melatih tim nasional Argentina yang akhirnya terwujud.