Lelah Tanpa Beraktivitas
Lelah Tanpa Beraktivitas

Lelah Tanpa Beraktivitas? Waspadai 3 Hal ini – Mudah lelah dan lemas menjadi hal yang sangat menakutkan akhir-akhir ini. Pasalnya, dua kondisi tersebut boleh jadi menjadi gejala Anda terjangkit virus corona. Ada 3 gejala umum virus corona, yakni demam, batuk, dan salah satunya mudah lelah.

Sebab dari mudah lelah dapat beragam. Mungkin, Anda terlalu lelah bekerja, terlalu banyak pikiran, atau kurang mendapatkan makanan bergizi.

Fenomena ini mulai banyak terjadi. Terlebih, dengan penerapan masa normal baru, banyak yang tidak keluar rumah dalam waktu lama. Yang menjadi permasalahan adalah ketika kita merasa lelah tanpa aktivitas berat.

Apakah hal tersebut adalah tanda-tanda virus corona? Ataukah kita memiliki permasalahan kesehatan lain?

Berikut kemungkinan penyebab lelah tanpa beraktivitas:

Baca juga: 3 Fakta Zerre Pendekar Ufuk Timur: Film PON XX Papua 2021

1. Perubahan Gaya Hidup

Jangan cepat-cepat menyimpulkan bahwa Anda terjangkit corona. Kondisi lemas tanpa beraktivitas boleh jadi bentuk adaptasi tubuh dengan kondisi normal baru. Bayangkan, saat ini Anda lebih sering melakukan aktivitas dalam rumah.

Artinya, waktu istirahat boleh jadi lebih banyak. Sebagian orang mungkin bisa bangun lebih siang atau bahkan dapat tidur siang. Mengutip dari IFL Science, tubuh Anda akan terbiasa dengan pola hidup baru setelah 3 bulan.

Setelah 3 bulan karantina mandiri, tidak heran jika kita terbiasa dengan aktivitas ringan dalam rumah. Tubuh yang mudah lelah, lemas, dan tak bertenaga boleh jadi karena kita terbiasa dengan aktivitas ringan dalam rumah.

Untuk itu, mulailah untuk rutin berolahraga. Kemudian, jangan lupa untuk membiasakan bangun pagi dan tidur pada jam yang tepat.

2. Makanan Tidak Sehat

Gaya hidup berpengaruh dengan pola makan. Apa yang kita makan akan memengaruhi kondisi tubuh kita. Misal, porsi makan kita lebih banyak dari sebelum masa pandemi. Kemudian, makanan yang kita makan adalah makan yang tidak sehat.

Hal ini dapat menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan. Misalnya, diabetes. Studi menjelaskan bahwa kurang bergerak juga menjadi salah satu penyebab diabetes. Bekerja dalam rumah, karantina mandiri, dan isolasi mandiri membuat kita kekurangan aktivitas.

Baca juga: 3 Bahaya Terlalu Banyak Makan Nasi

Kita lebih sering duduk atau berbaring ketimbang berjalan atau bergerak. Hal ini akan semakin parah ketika kita tidak mengonsumsi makanan yang sehat. Boleh jadi, tubuh yang cepat lelah adalah gejala dari diabetes.

Ketika seseorang memiliki kadar gula tinggi tubuh akan mengubahnya menjadi energi. Namun, mereka yang memiliki diabetes atau bahkan sekadar gejala, tidak akan mampu mengubah glukosa menjadi energi.

Hasilnya, mereka akan mudah lelah. Dengan demikian, mulai perhatikan pola makan kita dalam kebiasaan baru.

3. Lelah Karena Stress Berlebihan

Ada satu hal yang dapat membuat kita stress kala sering menghabiskan waktu dalam rumah. Salah satunya adalah rutinitas yang monoton.

Melansir dari Science Alert, rutinitas yang itu-itu saja dapat tak hanya membuat fisik lelah. Namun, hal itu juga membuat seseorang stress dan kelelahan secara mental. Hal ini belum termasuk pikiran yang menumpuk soal pekerjaan atau hal lainnya.

Untuk itu, penting untuk kita melakukan kegiatan rekreasi. Salah satunya olahraga. Jessica Mathews, seorang profesor dari Universitas Point Loma Nazarene, menjelaskan hal tersebut. Menurunnya, olahraga ringan cukup untuk melawan stress. Asal, kita melakukannya rutin.

“Bahkan, peningkatan kecil dalam aktivitas fisik menawarkan manfaat positif. Khususnya dalam kesehatan dan kesejahteraan. Mulailah dari hal kecil dan pertahankan. Karena, hal konsisten akan memberikan hasil yang besar,” tutur Jessica, mengutip antaranews.