Liburan Asik Dengan Menikmati Keindahan Alam Teluk Bintuni
beritapapua.id - Sungai Weriagar - Wisato

Liburan Asik Dengan Menikmati Keindahan Alam Teluk Bintuni – Momen waktu liburan biasa digunakan sebagian orang untuk menenangkan diri dengan mengunjungi berbagai tempat yang bisa memberikan ketenangan jiwa. Macam-macam tempat tujuan seseorang dalam mengisi waktu libur, ada yang berpergian ke mall, ada pula yang berpergian ke luar kota guna menghindari hiruk pikuk perkotaan dan mencari ketenangan dengan menikmati suasana alam di pedesaan.

Salah satu daerah yang bisa memberikan nuansa ketenangan adalah Teluk Bintuni. Ya Teluk Bintuni merupakan sebuah kabupaten yang berada di Papua Barat. Di kabupaten ini sangat terkenal sekali potensi sumber daya alam yang luar biasa terutama di bidang pertambangan. Akan tetapi, disamping itu kondisi alam di Teluk Bintuni masih cukup asri karena masih terjaga dengan baik.

Meskipun Teluk Bintuni bukan daerah wisata akan tetapi ada beberapa tempat di kabupaten ini yang bisa memberikan kita pengalaman luar biasa dalam memanfaatkan waktu libur yaitu dengan menikmati keindahan alamnya. Ada beberapa destinasi wisata yang tersedia di Teluk Bintuni, diantaranya:

Baca Juga: Suku Koroway, Penghuni Rumah Pohon Tertinggi di Papua

  1. Kali Rajawali

Lokasi tempat wisata ini tidak berjauhan dari pusat kota, untuk sampai kesini kita bisa melalui jalur darat dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat, tempat ini sangat diminati saat hari libur bagi wisatawan lokal untuk liburan keluarga. airnya yang jernih dan segar ini membuat kita ingin berlama-lama berendam di kali ini, di areal kali ini juga di sediakan beberapa pendopo untuk tempat beristirahat para wisatawan, aksesnya cukup mudah karena dekat dengan jalan utama Bintuni.

  1. Taman Kota Bintuni

Melepaskan penat tanpa harus mengeluarkan biaya saat berada di Bintuni dapat dilakukan dengan berkunjung ke Taman Kota Bintuni. Ruang terbuka hijau ini cukup nyaman untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi murah bersama keluarga karena  suasananya yang sejuk dan asri oleh pohon-pohon besar, serta dilengkapi gazebo-gazebo untuk tempat beristirahat serta patung-patung dengan berbagai bentuk.

Sama halnya dengan ruang terbuka hijau yang ada di kota-kota yang lain, di sekitar Taman Kota Bintuni juga banyak ditemui warung-warung dan penjaja berbagai jenis makanan, sehingga tempat ini sangat pas untuk berburu kuliner lokal khas Teluk Bintuni.

  1. Air Terjun Botai

Airnya yang jernih ditambah batu-batu kali yang berserakan di sana-sini, membuat pemandangan yang disuguhkan Air Terjun Botai terasa menyejukkan mata. Apalagi kondisi alam di  sekelilingnya masih sangat alami karena jarangnya wisatawan yang berkunjung ke sini.

Sayangnya untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini tidaklah mudah. Wisatawan harus menuju ke Kampung Botai  yang berada di Distrik Manimeri dengan menempuh perjalanan yang cukup jauh sekitar 45 km dari Kota Bintuni dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar jam.

  1. Sungai Weriagar

Sungai ini sebenarnya bukan merupakan destinasi wisata. Namun akan memberikan sensai luar biasa bagi para wisatawan jika mencoba menjelajah aliran Sungai Weriagar hingga ke bagian hulu, yaitu di Danau Tanimot.

Bagi masyarakat yang ada di Distrik Weriagar, sungai merupakan urat nadi kehidupan mereka, karena sungailah yang membantu kehidupan mereka sehari-hari, seperti mandi, mencuci hingga minum. Sungai pula yang dijadikan akses transportasi menggunakan perahu untuk menuju ke kebun-kebun mereka atau mencari sagu di hutan.

Menjelajah Sungai Weriagar dengan menggunakan perahu akan memberikan sensasi tersendiri. Karena serasa berada di Hutan Amazon sebagaimana yang ada di film-film Hollywood. Karena di beberapa lokasi sungai yang dilewati, di kanan-kirinya tumbuh pepohonan liar yang rimbun. Tidak hanya hanya itu, terkadang juga dapat dilihat buaya-buaya rawa yang sedang berjemur di tepi sungai. Karena itulah perjalanan ekstrim ini harus didampingi warga setempat yang paham betul kawasan sungai.