Liga 1 Indonesia
Liga 1 Indonesia Dikabarkan akan Segera Bergulir

Liga 1 Indonesia Kabarnya akan Segera Bergulir – Setelah pada Januari PSSI membatalkan Liga 1 dan 2 Musim 2020/2021, kini kabarnya Liga 1 mendapat izin. Kabarnya, pihak kepolisian akan memberikan izin untuk menggelar kompetisi Liga 1 2021.

Baintelkam Polri, Kombes Pol Budi Sajidin, membenarkan hal tersebut. Dalam Webinar besutan Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI), Baintelkam Polri itu akan merealisasikan penerbitan izin kompetisi.

“Lampu hijaunya adalah kemarin saya dapat informasi dari Asops Kapolri Imam Sugianto yang menyatakan tata cara kegiatan Liga 1 sepak bola kemungkinan ini bisa dilaksanakan, ini sudah dipertimbangkan,” kata Budi mengutip dari CNNIndonesia.com edisi Rabu (03/02/2021).

Tentu, pihak kepolisian memberikan syarat kepada penyelenggara, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI. Selain harus memperketat protokol kesehatan, salah satu syarat dari Polri adalah pertandingan tanpa penonton.

“Kemungkinan ini juga, banyak kesepakatan dari Satgas, KONI, Kemenpora, cabor, dan protokol dijaga. Ini akan dibahas. Kemungkinan pihak Polri untuk sepak bola tanpa penonton bisa dilaksanakan. Olahraga lain silakan diajukan,” ungkap Kombes Pol budi.

Direktur Operasional LIB, Sudjarno, menyambut baik kabar ini. Ia merasa sangat bersyukur bahwa Polri memberikan lampu hijau untuk perizinan Liga 1 2021. Ia mengaku pihaknya tengah merapikan persyaratan perizinan dan protokol kesehatan.

“Sekarang, luar biasa kondisinya, salah satunya rekomendasi BNPB [Badan Nasional Penanggulangan Bencana] yang sudah kita dapatkan sebelumnya. Ada juga SOP [Standar Operasional Prosedur] dari protokol kesehatan itu sendiri,” ujar Sudjarno mengutip dari CNNIndonesia.com.

Menpora Zainudin Amali menyebut ini adalah angin segar bagi dunia persepakbolaan Indonesia.

“Bagi Kemenpora, kompetisi penting untuk bisa bergulir termasuk pada 2021. Kompetisi itu kebutuhan untuk tim nasional. Bagi kami, yang kami tekankan dengan kompetisi kita siapkan tim nasional, dari berbagai kelompok umur, termasuk senior,” ujar Zainudin.

Bek Persipura, Valentino Telaubun Soal Izin Liga 1: Harus Ada Realisasi

Baca juga: Adab Makan agar Lebih Berkah

Kabar ini sampai pada telinga para pesepak bola Indonesia. Salah satunya, Valentino Telaubun, bek asal Persipura. Menurutnya, kabar baik ini harus segera terwujud.

“Kalau menurut saya itu kabar bagus tapi harus ada realisasi oleh para pihak yang berwenang dan juga PSSI,”kata Valentino Telaubun, mengutip dari Bola.com edisi Kamis (04/02/2021).

Tak ada artinya kabar baik tanpa sebuah realisasi. Begitu pikir bek asal klub Mutiara Hitam itu. Menurutnya, bahkan saat ini seharusnya kompetisi sudah kembali bergulir. Menurutnya, protokol kesehatan yang tersedia sudah mumpuni.

Nantinya, ia berharap semua yang terlibat dalam pertandingan harus mematuhi protokol kesehatan. Perlu ada pengecekan berkala untuk semua orang untuk memastikan pertandingan siap.

Ia mengatakan kompetisi ini harus segera bergulir. Menurutnya, kompetisi ini penting untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Terlebih, banyak orang yang bergantung pada sepak bola.

“Karena kompetisi sepak bola di Indonesia harus kembali bergulir untuk kemajuan sepak bola di negeri ini. Dan ini tentang kehidupan banyak orang yang bergantung pada sepak bola,” Valentino Telaubun mengakhiri pembicaraan.