Lintas Generasi Papua: Kami Mendukung Sekda Papua Dijabat OAP
beritapapua.id - Lintas Generasi Papua: Kami Mendukung Sekda Papua Dijabat OAP - Suara Papua

Lintas Generasi Papua menyatakan bahwa pihaknya mendukung agar Orang Asli Papua (OAP) yang menjabat sebagai Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua. Hal itu disampaikan Wecky Gombo, Koordinator Lintas Generasi Papua kepada media di Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (22/6/2020).

“Sekda Papua merupakan unsur pembantu pimpinan Pemerintah Provinsi Papua yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur Papua. Dia bertanggung jawab menyelenggarakan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tata laksana serta memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat daerah. Maka kami atas nama rakyat Papua mendukung penuh calon (Sekda) orang asli Papua,” kata Gombo.

Ia mengatakan, pada masa seleksi calon, hingga pada tahapan penilaian (Assessment) ini, tim seleksi perlu melihat orang yang benar-benar menguasai sistem birokrasi dan pelayanan publik.

Selain itu, ia mengatakan dengan besaran luas Wilayah Papua yang besar maka yang di seleksi benar-benar yang berpengalaman, berkompeten dan energik untuk membawa perubahan dan pelayanan yang selama ‘ini diinginkan seluruh rakyat Papua.

Selain itu Gombo meminta kepada seorang anggota dewan yang menggunakan foto gubernur Papua bersama ibu memberikan dukungan kepada salah satu calon Sekda Papua agar segera di klarifikasi.

Baca Juga: Harapan Negara di Pelupuk Ibu kota Baru

Dukungan Kepada Lintas Generasi Papua

Michael Sineri, mewakili pemuda Saireri meminta agar rakyat Papua mendukung apa yang dilakukan pihaknya di lintas generasi pemuda Papua.

“Apa yang kami dari lintas generasi Papua lakukan ini perlu didukung dan diapresiasi,” kata Sineri.

Ia lalu mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh empat kandidat Sekda Papua yang benar-benar orang asli Papua dan itu adalah harapan masyarakat Papua. Berdasarkan PP No.3 Tahun 2018 tentang penjabat Sekertaris Daerah katanya, pihaknya tentu tidak mengintervensi proses penyeleksian yang sedang berlangsung.

“Maka dalam hal ini kami sangat mendukung penuh pak Gubernur Provinsi Papua, karena beliau yang menentukan,” tukasnya.