Luhut: Kita Harus Kompak, Bersatu, Dan Memfokuskan Pikiran Untuk Kemajuan Bangsa Kita
beritapapua.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia harus memainkan perannya dengan baik di tengah gejolak Covid-19 dan perang antara Rusia-Ukraina untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri.

“Di masa yang penuh gejolak ini, Indonesia harus mampu memainkan perannya dengan baik. Kita melihat adanya berbagai pertumbuhan ekonomi yang justru semakin naik,” Kata dia dalam keterangannya, Rabu (30/3/2022).

Luhut menilai, sejumlah kemajuan inovasi di berbagai sektor telah mendorong Indonesia untuk melakukan perbaikan dalam industri, khususnya di masa pandemi.

“Kemudian inovasi di bidang kesehatan, bahkan adanya perbaikan dalam industri dalam negeri melalui hilirisasi industri. Ini menjadi bukti, bahwa Indonesia dapat memainkan perannya dengan baik walaupun dalam kondisi yang penuh gejolak,” ujarnya.

Luhut membuktikan berbagai catatan penting tentang pengendalian Covid-19 yang baik, berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mampu mencetak rekor tertinggi terkait kinerja pasar saham.

Baca Juga: Kilang Saudi Aramco Dibom, Pasar Minyak Dunia Panik

“Tak hanya itu, terjadinya pengembangan industri besi dan baja di berbagai wilayah di Indonesia khususnya di wilayah timur yang sebelumnya didominasi wilayah barat Indonesia,” ucap dia.

Selain itu, adanya digitalisasi berbagai sektor industri untuk meningkatkan efisiensi misalnya seperti National Logistic Ecosystem (NLE) yang bertujuan untuk digitalisasi sistem ke pelabuhanan, Sistem Informasi Mineral dan Batubara (Simbara) hingga adanya e-Katalog meningkatkan pembelian Produk Dalam Negeri (PDN).

“Jadi, sekarang ini Indonesia sudah berbeda dari yang dulu. Indonesia sudah mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi,” ucapnya.

Dia menuturkan, Indonesia saat ini fokus kepada tantangan pasca pandemi untuk mencapai visi Indonesia Maju 2045. “Kita harus kompak, bersatu, dan memfokuskan pikiran untuk kemajuan bangsa kita,” kata Luhut.