Lutut Sering Bunyi? Hati-hati Gejala Osteoartritis
Ilustrasi Osteoartitis (foto : istimewa)

Lutut Sering Bunyi? Hati-hati Gejala Osteoartritis – Lutut berderak atau berbunyi ketika kita tekuk terdengar seperti hal yang sepele. Namun, pernahkah Anda bertanya tentang sebab dari hal tersebut? Pasalnya, jika hal ini terlalu sering, Anda berpotensi mengidap osteoartritis.

Osteoartritis adalah nama lain dari radang sendi lutut. Hal ini adalah kondisi yang paling umum dan kerap terjadi. Ketika seseorang mengalami radang sendi lutut, bantalan alami antara sendi dan tulang rawan sudah hilang.

Hal ini menyebabkan peradangan pada sendi. Biasanya, gejala yang umum adalah bunyi seperti berderak atau patah pada persendian tersebut.

Hal ini dapat semakin parah seiring berjalannya waktu. Mengutip halodoc, osteoartritis dapat terjadi tahunan. Jika kita biarkan terus, maka dapat menyebabkan cidera. Misalnya, cidera lutut, ligamen, patah tulang lutut, meniskus robek, ataupun infeksi.

Kendati orang yang berisiko adalah mereka yang berumur 45 tahun, penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Bahkan, anak muda sekalipun dapat mengalami osteoartritis.

Lantas, apa penyebabnya?

Umumnya Faktor Penyebab Osteoartritis Karena Faktor Genetik

Faktor penyebab osteoartritis biasanya genetik. Artinya, ada riwayat turunan atau kelainan pada tulang sendi. Selain itu, peradangan sendi bisa jadi karena penyakit tertentu, seperti rheumatoid arthritis dan hemokromatosis.

Namun, osteoartritis juga dapat terjadi karena hal-hal tertentu. Antara lain karena obesitas, pernah cedera, atau melakukan aktivitas berat yang memberikan tekanan berlebihan pada lutut. Contohnya, sering mengenakan sepatu hak tinggi.

Baca Juga : Sulaiman, Guru Papua yang Mengabdi Sendirian Puluhan Tahun

Selanjutnya, mereka yang menderita penyakit ini biasanya memiliki beberapa gejala selain tulang berederak. Antara lain pembengkakan sendi, suara gesekan pada lutut, otot melemah, hingga muncul benjolan.

Karena itu, penting untuk memerhatikan kesehatan sendi. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan berolahraga rutin. Pastikan melakukan peregangan pada persendian agar tidak terjadi cidera.

Jika Tidak Sakit, Maka Tidak Mengapa

Kita perlu ketahui bahwa tidak semua bunyi pada sendi lutut itu berbahaya. Ada kondisi normal yang membuat lutut berbunyi. Misalnya, ada pergerakan spontan yang terjadi sehingga membuat lutut bergerak tidak sesuai porosnya.

Hal ini terjadi karena jarang olahraga atau terlalu sering duduk. Selain itu, bunyi juga dapat muncul karena ada tekanan pada bagian dalam lutut yang menimbulkan gelembung. Suara timbul akibat gelembung tersebut pecah.

Jadi, tak melulu bunyi pada lutut itu berbahaya. Namun, ketika bunyi tersebut bersamaan dengan rasa nyeri, maka sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk berkonsultasi.