Manfaat Air Mawar
Manfaat Air Mawar

Manfaat Air Mawar Bagi Kesehatan Wajah – Kebanyakan orang seringkali menggunakan bahan-bahan alami untuk dapat membuat kulit wajah menjadi halus, kenyal, dan sehat. Salah satu bahan alami yang digunakan untuk merawat kulit wajah adalah bunga mawar.

Selain bentuk dan warnanya yang cantik ternyata bunga mawar memiliki banyak manfaat untuk merawat wajah agar lebih cantik dan sehat. Banyak produk yang memiliki bahan dasar dari bunga mawar.

Biasanya beberapa produk membuatnya menjadi produk skincare air mawar atau rose water yang berfungsi unyuk mengatasi iritasi kulit hingga sebagai zat anti penuaan dini. Namun, skincare berbahan dasar bunga mawar ini masih kurang populer dibanding skincare berbahan dasar susu atau lidah buaya.

Baca juga: Presiden Tiga Periode, Mungkinkah Terjadi?

Bunga mawar sendiri memiliki banyak kandungan antiseptik dan vitamin seperti vitamin A, C, dan E yang terbukti baik untuk merawat kulit wajah. Kandungan zat antioksidan pada air mawar dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet dan polusi udara. Zat antioksidan ini dapat mencegah kulit yang keriput. Selain itu, kandungan antioksidan yang cukup tinggi juga dapat memperkuat jaringan sel kulit serta meregenerasi lapisan kulit yang sering terkena polusi dan radikal bebas.

Manfaat air mawar untuk wajah, antara lain:

1. Antipenuaan

Kandungan antioksidan dalam air mawar sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Caranya dengan membasuh wajah dengan rutin dapat membantu menghindarkan kulit wajah dari penuaan dini seperti kulit keriput.

2. Mengobati Jerawat

Salah satu fungsi air mawar adalah untuk menghilangkan jerawat. Biasanya air mawar digunakan sebelum menggunakan skincare. Air mawar akan membersihkan sisa kotoran yang menempel pada wajah. Gunakan secara teratur selama 2 minggu berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mencerahkan Mata

Air mawar dapat mencerahkan kulit kelopak mata. Dengan mengusap air mawar pada daerah kelopak mata dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata akibat kelelahan atau kurang tidur.

4. Sebagai Penyegar

Air mawar kerap kali digunakan sebagai penyegar disaat kondisi kulit wajah sedang tidak fresh. Caranya adalah dengan meletakkan air mawar didalam kulkas dan gunakan jika diperlukan.

5. Sebagai Setting Spray

Selain dapat digunakan untuk merawat kuliy wajah, air mawar juga dapat digunakan sebagai Setting Spray. Selain itu, air mawar dapat membuat make up lebih tahan lama dan menempel pada wajah. Kemudian, caranya adalah dengan menyemprotkan air mawar setelah memakai make up.

6. Wajah Tampak Glowing

Wajah yang glowing akan mudah didapat hanya dengan menggunakan air mawar. Tuangkan air mawar pada kapas dan aplikasikan pada seluruh wajah seperti menggunakan toner.

Namun, manfaat tersebut tidak akan membuahkan hasil jika bermalas-malasan. Dengan menggunakan air mawar secara rutin tentu manfaat yang akan didapat juga akan sangat maksimal.