Manfaat Lidah Buaya
Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh – Siapa yang tidak mengenal tumbuhan yang satu ini. Bentuknya yang unik dan memiliki banyak manfaat. Tanaman ini adalah lidah buaya atau yang memiliki nama latin Aloevera. Lidah buaya adalah tanaman yang tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Bagian del dan lateks dari tanaman ini paling sering terpakai untuk pengobatan dan dibuat sebagai bahan produk kecantikan. Selain itu, lidah buaya juga dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan kulit dan juga sebagai penyubur rambut.

Bagi yang memiliki tanaman tersebut, sebaiknya pelihara dan sesekali mengkonsumsi agar dapat merasakan kandungan gizi yang ada didalamnya. Gel dari lidah buaya dapat dibuat sebagai minuman segar. Selain itu, lidah buaya dapat disajikan dalam bentuk jus dengan ditambah madu agar menggugah selera. Manfaat lidah buaya akan dapat dirasakan jika rutin mengkonsumsinya.

Lidah buaya memiliki kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, dan berbagai macam vitamin. Uniknya lagi, lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Tanaman ini berkhasiatuntuk merawat kesehatan kulit karena dapat berfungsu sebagai antijamur, anti bakteri, dan dapat membantu proses regenerasi sel. Selain itu, aloevera dapat menghilangkan jerawat serta melembabka kulit hingga detoksifikasi kulit.

Berikut adalah berikut manfaat lidah buaya untuk tubuh:

Baca juga: Hati-hati! Pasien Sembuh Corona Berpotensi Fibrosis

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Lidah buaya mengandung antivirus dan antibkteri yang akan membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan patogen serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

2. Melembabkan Kulit Kepala dan Rambut

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan anti jamur yang dapat mengatasi masalah ketombe. Sementara itu, lidah buaya juga memiliki gel yang mampu membersihkan kulit kepala dan mempercepat regenerasi kulit serta mampu melembabkan kulit kepala yang kering. Caranya dengan mengambil gel pada lidah buaya kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut.

3. Membersihkan Gigi

Plak gigi dapat kelihatan pada sela-sela gigi, depan gigi, belakang gigi atau bisa juga pada permukaan mengunyah. Plak gigi yang semakin lama bersarang akan menimbulkan kerusakan pada gigi. Lidah buaya dapat menjadi solusi untuk mengurangi plak gigi. Caranya dengan menggunakan lidah buaya saat berkumur.

Baca juga: Manfaat Air Mawar Bagi Kesehatan Wajah

4. Mencegah Timbulnya Jerawat

Kandungan vitamin dan mineral pada lidah buaya dapat mencegah timbulnya jerawat. Caranya dengan mengoleskan gel pada wajah dan tunggu 10-15 menit kemudian bilas.

5. Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka yang berwarna cokelat sampai kehitaman memang tidak sedap dipandang. Hal tersebut dapat anda atasi dengan lidah buaya karena mengandung antibakteri dan membantu proses regenerasi kulit.

6. Mencegah Rambut Rontok

Perawatan rambut menggunakan lidah buaya juga dapat mencegah kerontokan rambut. Hal ini membuat rambut tampak lebih tebal dan sehat. Caranya adalah dengan memakai masker dari gel lidah buaya dan lakukan 2 hari sekali setiap sebelum keramas.