Manfaat Madu dan Lemon, Mampu Bersihkan Hati dari Racun
Ilustrasi Madu dan Lemon (foto : istimewa)

Manfaat Madu dan Lemon, Mampu Bersihkan Hati dari Racun – Pernah mendengar ramuan campuran madu dan lemon? Biasanya campuran ini kerap menjadi resep untuk mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Selain itu, madu dan lemon juga menjadi vitamin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, apakah benar kedua makanan itu mampu memberikan efek kesehatan itu? Terlebih, sejumlah sumber meyebutkan bahwa madu dan lemon mampu membersihkan hati dari racun.

Pertama, lemon dan madu mengandung antioksidan. Sehingga, mengonsuminya akan menambah pasokan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Antara lain mencegah berbagai penyakit, dan menangkal radikal bebas.

Kedua, dalam penelitian dari American Journal of College Nutrition, madu terbukit mampu meningkatkan energi. Biasanya, para atlet mengonsumsi madu sebagai suplemen untuk meningkatkan performa mereka.

Ketiga, dua zat ini kaya akan vitamin. Lemon mengandung berbagai zat kimia yang bermafaat. Misalnya, vitamin C, polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid, yang sangat baik untuk kesehatan.

Sedangkan madu mengandung ntioksidan, flavonoid, fenolat, vitamin E, vitamin C, asam amino, serta mineral seperti zinc dan zat besi. Itu semua adalah zat yang bermafaat bagi tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta energi.

Sebuah minuman yang cocok untuk sahur! Berikut manfaat dari mengonsumsi madu dan lemon.

1. Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Kita telah membahas kandungan lemon dan madu sebagai penjaga stamian dan kekebalan tubuh. Namun, tahukan Anda lemon dan madu mampu mencegah infeksi saluran kencing? Madu memiliki fungsi antibakteri yang mampu membunuh penyebab infeksi.

Dengan demikian, campuran kedua zat ini mampu meredakan infeksi. Bahkan, membunuh bakteri pada tubuh.

2. Membersihkan Saluran Pencernaan dan Hati

Kedua, madu dan lemon mampu membersihkan saluran pencernaan. Ternyata, kandungan antibakteri juga bermanfaat sebagai detox tubuh. Selain itu, lemon pun memiliki senyawa yang beperan serupa. Dengan demikian, campuan madu dan lemon dapat bermanfaat sebagai detox racun pada sistem pencernaan.

Baca Juga : PON XX Papua akan Berjalan Sesuai Rencana, Ini Progresnya

Termasuk racun dari obat-obatan dan alkohl yang manusia konsumsi. Lemon dan madu mampu membersihkan zat tersebut dari hati.

3. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Sebelumnya, madu punya kemampuan untuk meredakan infeksi. Hal ini juga bermanfaat bagi tenggorokan manusia. Segelas air lemon dan madu mampu meredakan saluran pernapasan dan meredakan iritasi tenggorokan. Sehingga, batuk akan reda.

Namun, perlu kita waspadai agar tidak mengonsumsi lemon dan madu bersamaan dengan kopi atau teh. Hal ini kurang baik bagi kesehatan lambung Anda.

kemudian, bagi mereka yang memiliki iritasi lambung atau masalah pencernaan, sebaiknya tidak mengonsumsi zat ini saat perut sedang kosong.

Selamat mencoba!